BBC, Serang – Pembahasan pembentukan fraksi di DPRD Kabupaten Serang hingga seminggu paska dilantik masih belum jelas. Pembentukan fraksi tertunda lantaran pimpinanan DPRD sementara masih menunggu surat keputusan dari partai Demokrat untuk selanjutnya ditetapkan.

Ketua DPRD Kabupaten Serang sementara Bahrul Ulum mengakui sejauh ini pembahasan pembentukan fraksi sudah final karena sejumlah parpol telah menyerahkan keputusan dari masing masing partai. Sementara untuk partai Demokrat sampai hari ini belum ada kepastian mengenai persoalan tersebut. Bahkan besutan partai Presiden keenam SBY itu baru belum memberikan kepastian kapan SK tersebut diterima.
“Dari hasil pembahasan diinternal Demokrat sih katanya hari ini, tapi kami masih menunggu kepastiannya. Karena partai lain sudah menyerahkan jauh-jauh hari,” ungkap Bahrul Ulum kepada bukabanten.co.id, Selasa 10/9/2019.

Bahrul Ulum mengakui molornya SK partai Demokrat untuk pentukan fraksi berdampak terhadap kinerja anggota DPRD terpilih yang belum jelas. Karena dalam ketentuan para nggota dewan tidak bisa bekerja sampai adanya keputusan pembentukan fraksi yang  sudah final.

Setelah proses DPRD akan menetapkan alat kelengkapan dewan melalui rapat paripurna. Sehingga atas keputusan bersama itu, maka seluruh anggota DPRD Kabupaten Serang bisa langsung bekerja,” katanya.

Sementara itu ketua DPC Demokrat Kabupaten Serang, Wahyu Megahita meminta pengertian dari partai lain untuk bersabar. Meski begitu Demokrat Kabupaten Serang tetap berusaha agar SK keputusan DPP bisa didapat secepatnya. “Paling tidak pada Minggu ini surat tersebut sudah diterima oleh pimpinan DPRD kabupaten Serang. Kami minta pengertian dari partai lain karena ini juga terus di-update,” katanya.

Megahita menjelaskan surat usulan dari sekwan melalui telah diajukan ke DPP sebelum pelantikan anggota DPRD terpilih. Sehingga Demokrat kabupaten serang juga kerapkali mempertanyakan kejelasan surat balasan dan dari surat keputusan DPP Demokrat.
“Sejak ditetapkan oleh KPU langsung diusulkan ke DPP,” tegasnya.

Untuk diketahui sebanyak 50 angotq DPRD Kabupaten Serang terpilih periode 2019-2004 telah dikukuhkan pada tanggal 3 September lalu. Sehingga hampir seminggu ini puluhan anggota dewan terpilih belum menunaikan tugasnya sebagaimana mestinya. (1-1)