BBC, Cilegon – niversitas Terbuka (UT) Serang melakukan pelatihan terhadap puluhan Tutor dari berbagai wilayah di Banten sepeeti dosen Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan dari Perguruan Tinggi Suasta (PTS) yang ada di Banten. Upaya ini ditempuh untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik.

Manager Bahan Ajar dan Tutorial Universitas Terbuka (UT) Serang Is Eka Herawati mengatakan, dilakukanya kegiatan pelatihan terhadap puluhan Tutor ini dimaksudkan untuk penyegaran Tutor lama dan Tutor baru. Dimana, kegiatan pelatihan tersebut sudah dilakukan setiap satu tahun sekali. Kegiatan Pelatihan Tutor ini disiapkan untuk kelas Tutorial Tatap Muka baik untuk tahun 2019 maupun 2020.

“Dilakukanya kegiatan pelatihan Tutor ini dalam rangka penyegaran terhadap Tutor lama dan Tutor baru, dan juga dalam rangka menyiapkan Tutor untuk kelas Tutorial tatap muka tahun 2019 dan 2020,” ujar Eka ditemui disela-sela kegiatan pelatihan tersebut. Senin, (16/9/2019).

Selain itu, lanjut Eka, kegiatan pelatihan teesebut juga bertujuan untuk memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh Universitas Terbuka (UT) dimana, semua Tutor UT harus bersertifikat Tutor yang menandakan tutor tersebut memenuhi standar Tutor UT baik dari sabang sampai merauke.

“Kan ada Tutor yang udah mengajar namun belum memiliki Sertifikat, mak dengan dilakukanya pelatihan ini adalah salah satu untuk memenuhi Standar Kompetensi Tutor UT baik yang lama maupun yang baru,” jelasnya.

Adapun yang dilakukan dalam pelatihan itu, diantaranya adalah, mulai dari pengenalan konesp pembelajaran jarak jauh, materi-materi tentang pembelajaran Mandiri, KIT Tutorial atau pengembangan rancangan Tutorial yang akan dilakukan hingga 8 kali pertemuan. Dimana, kegiatan pelatihan yang dilakukan selama tiga hari kedepan itu, akan ditutup dengan kegiatan praktek mini (Micro Teaching). Yang akan dilakukan oleh seluruh peserta pelatihan Tutor.

Baca juga :  Temukan Mayat Mengambang, ASDP Amankan Puluhan Anak Koin

“Kegiatan pelatihan yang akan dilakukan selama tiga hari kedepan itu, akan ditutup dengan kegiatan praktek mini (Micro Teaching). Yang akan dilakukan oleh seluruh peserta pelatihan Tutor,” ucap Eka.

Ditempat yang sama, Direktur Universitas Terbuka (UT) Serang Maman Rumanta menjelaskan, Tutor itu berbeda dengan Dosen, karena Tutor itu hanya sebagai Fasilitator bukan pengajar. Karena mahasiswa UT itu dirancang untuk mahasiswa yang bisa mandiri. Dimana, tutor UT minimal dilakukan oleh S2, dan harus sesuai dengan Bidangnya serta harus sanggup melakukan Tutorial bukan mengajar.

“Karena mahasiswa UT itu dirancang untuk mahasiswa yang bisa mandiri. Maka dari itu, Tutor UT minimal dilakukan oleh S2, dan harus sesuai dengan bidangnya serta harus sanggup melakukan Tutorial bukan mengajar,” kata Maman kepada awak media.

Sehingga dengan begitu, lanjut Maman, para Tutor UT harus mampu membuat mahasiswanya belajar dengan Mandiri. Karena, mahasiswa UT juga bukan hanya Tutorial tatap muka saja namun juga harus dapat belajar dari Modul dan belajar secara Online. Segingga dengan begitu, mahasiswa UT tidaka akan ketinggalam Informasi dan dapat menjadi mahasiswa yang berkualitas di tingkat Nasional dan Internasional.

“Dengan demikian, Mahasiswa lulusan UT dapat menjadi mahasiswa yang berkualitas, sehingga dengan begitu sesuai dengan Misi UT yang menginginkan menciptakan mahasiswa yang berkualitas bukan hanya di tingkat Nasional namun juga di tingkat Internasional,” tandasnya. (1-2).