BBC, JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 melawan Kepulauan Mariana Utara dalam laga kedua Grup G Kualifikasi Piala Asia 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (18/9/2019), malam WIB. Timnas Indonesia U-16 yang unggul secara kualitas atas lawan mendominasi jalannya pertandingan. Dominasi Timnas Indonesia U-16 berbuah kemenangan telak 15-1 atas Kepulauan Mariana Utara.

Babak Pertama
Timnas Indonesia U-16 langsung mendominasi jalannya permainan sejak menit-menit awal babak pertama. Umpan-umpan pendek antarpemain tim asuhan Bima Sakti Tukiman itu benar-benar merepotkan pertahanan Kepulauan Mariana Utara.

Pada menit sembilan, akhirnya usaha Timnas Indonesia U-16 menggempur pertahanan Kepulauan Mariana Utara berbuah hasil. Adalah Marselino Ferdinan yang berdiri bebas dalam kotak penalti memanfaatkan kesalahan pemain Kepulauan Mariana Utara dalam membuang bola untuk mencetak gol pertama di pertandingan itu.

Pundi-pundi gol Timnas Indonesia U-16 bertambah saat Aditya Daffa membobol gawang Kepulauan Mariana Utara dengan sundulannya pada menit 15. Aditya dengan klinis menyambut umpan silang dari sisi kanan pertahanan lawan untuk mengenapkan kedudukan jadi 2-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia U-16.

Selang semenit kemudian giliran Ahmad Athallah yang mencatatkan namanya di papan skor. Athallah yang mendapatkan operan di depan kotak penalti mengecoh satu pemain Kepulauan Mariana Utara sebelum melepaskan tembakan keras yang kembali mengubah kedudukan untuk Timnas Indonesia U-16.

Athallah lagi-lagi menjadi momok bagi pertahanan Kepulauan Mariana Utara karena aksinya pada menit 18 berbuah gol keempat untuk Timnas Indonesia U-16. Garuda Asia –julukan Timnas Indonesia– benar-benar mengobrak-abrik pertahanan Kepulauan Mariana Utara.

Pada menit 25, Athallah akhirnya mencatatkan hattrick ke gawang Kepulauan Mariana Utara. Athallah menyambut umpan silang dari Alexandro Felix Kamuru untuk membuat kiper lawan memungut bola untuk kelima kalinya di pertandingan itu.

Baca juga :  Apa Kabar Udin Rafiudin? Kiper yang Turut Menyelamatkan Persib dari

Gawang Kepulauan Mariana Utara kebobolan gol keenam pada menit 42 karena sepakan Athallah tak mampu diselamatkan. Kesucian gawang Timnas Indonesia U-16 ternoda saat Kepulauan Mariana Utara mencetak gol melalui kaki Kohtaro Sangel Goto pada menit 45. Hingga babak pertama selesai, Timnas Indonesia U-16 tetap unggul 6-1 atas Kepulauan Mariana Utara.

Babak Kedua
Timnas Indonesia U-16 tak membuang waktu untuk menambah pundi-pundi gol ke gawang Kepulauan Mariana Utara. Pada menit 51, Ferdinan mencatatkan gol keduanya di pertandingan itu usai menerima umpan dari rekan setimnya yang merebut bola dari pemain Kepulauan Mariana Utara.

Selang semenit kemudian, aksi Ferdinan di kotak penalti dihentikan secara ilegal sehingga berbuah penalti. Ferdinan yang menjadi algojo menuntaskan tugasnya dengan baik untuk membawa Timnas Indonesia U-16 unggul 8-1 atas Kepulauan Mariana Utara pada menit 53.

Pada menit 58, Timnas Indonesia U-16 kembali menambah gol dan kali ini giliran Ruy Arianto yang menggetarkan jala gawang lawan melalui sundulannya. Kedudukan kembali berubah saat Wahyu Pratama membuat gol yang membawa Timnas Indonesia U-16 unggul 10-1 atas Kepulauan Mariana Utara.

Ferdinan jadi mimpi buruk bagi pertahanan Kepulauan Mariana Utara pada babak kedua. Pasalnya, Ferdinan mencatatkan gol keempatnya di pertandingan itu pada menit 63 sehingga Timnas Indonesia U-16 semakin menjauh dari kejaran lawan.

Ruy membuat Kepulauan Mariana Utara semakin menderita karena sepakan kerasnya dari kotak penalti berbuah gol ke-12 bagi Timnas Indonesia U-16 pada menit 73. Ruy menuntaskan umpan satu-dua dengan rekan setimnya sebelum melepaskan sepakan keras yang menghujam gawang Kepulauan Mariana Utara.

Selang lima menit kemudian, Wahyu Pratama mencatatkan gol keduannya pada pertandingan itu setelah menerima umpan silang dari Kamuru. Umpan silang Kamuru lagi-lagi berbuah gol saat Alfredo Tata yang berdiri bebas di kotak penalti menyundul bola guna menggetarkan jala gawang Kepulauan Mariana Utara pada menit 78.

Baca juga :  Hasil Pertandingan Liga 1 Arema FC vs Persib: Singo Edan Takluk di Kandang

Timnas Indonesia U-16 kembali menjauh saat tendangan bebas Ferdinan di depan kotak penalti berbuah gol pada menit 89. Pertandingan berakhir dengan skor 15-1 untuk kemenangan telak Timnas Indonesia U-16 atas Kepulauan Mariana Utara.(Okezone/ 1-3)