BBC, Jakarta – DPP Golkar menerbitkan surat penetapan sementara calon pada Pilkada serentak 2020 di Banten Surat tersebut langsung diberikan oleh Wakil Ketua DPP Golkar Dolly Kurnia Tanjung, Wakil Sekretaris Jenderal DPP Golkar Andika Hazrumy dan Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPP Golkar Wilayah Jawa I  MQ Iswara di kantor DPP Golkar Jakarta, Jumat (20/3/2020), kepada para calon yang akan diusung Golkar di Banten pada pilkada tahun ini.


Mereka yang menerima surat adalah pasangan incumbent Bupati dan Wakil Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah dan Panji Tirtayasa; pasangan incumbent Bupati Pandeglang dan Wakil Bupati Pandeglang, Irna Narulita dan Tanto W Arban; Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie yang akan berpasangan dengan Pilar Saga Ihsan di Pilkada Tangsel 2020, serta incumbent Wakil Walikota Cilegon Ratu Ati Marliati.
Dikatakan Andika, surat penetapan tersebut diperlukan bagi calon yang diusung Golkar untuk melakukan kerja-kerja politik terkait dengan rencana pencalonan mereka.

“Dengan surat inj, kami DPP minta calon untuk segera kerja, apakah menjalin koalisi dengan parpol lain atau juga bisa langsung kerja terjun sosialisasi ke masyarakat,” kata Wakil Gubernur Banten ini.


Andika menjelaskan, surat penetapan tersebut memberikan landasan hukum yang jelas bagi para calon untuk melakukan kerja politik sebagai calon yang diusung Golkar. 


Lebih jauh Andika mengakui jika dengan penetapan sementara ini DPP memungkinkan mengevaluasi keputusannya terhadap calon jika dalam perjalananannya calon dinilai tidak melakukan kerja politik dimaksud atau hasil survey menunjukkan adanya penurunan popularitas dan elektabilitas.
Meski begitu, Andika mengatakan, surat penetapan sementara kepada calon yang diterbitkan kali ini oleh DPP juga didasarkan kepada hasil survey dimana hasilnya menyebutkan bahwa para calon yang ditetapkan tersebut sampai sejauh ini popularitas dan elektabilitasnya dinyatakan unggul dan kemungkinan menangnya tinggi. 

Baca juga :  Jalan Lingkungan Sumampir Sepanjang 1 Kilometer Akhirnya Dibangun Pemerintah

“Dan tentu saja ini apresiasi DPP kepada calon, terutama yang incumbent, bahwa mereka telah melakukan kerja sebagai kepala daerah pada periode yang sekarang itu memuaskan, sehingga selain dirasakan masyarakat, partai juga kena imbasnya menjadi lebih baik citra nya di masyarakat,” paparnya.


Bupati Ratu Tatu Chasanah mengaku berterima kasih kepada DPP yang telah kembali mempercayai dirinya dan Panji Tirtayasa untuk kembali maju di Pilkada tahun ini. Tatu mengaku akan menjadikan kepercayaan partai ini untuk bekerja lebih keras lagi dalam upaya memenangi pilkada.

“Intinya ini amanah dari partai. Saya dan Pak Panji siap kerja keras,” kata Tatu yang juga Ketua DPD Golkar Banten ini singkat.


Senada Ketua DPD Golkar Kabupaten Serang Fahmi Hakim mengatakan pihaknya akan langsung tancap gas mensosialisasikan pencalonan Tatu-Panji ke masyarakat hingga tingkat bawah.

“Dengan penetapan ini kami sudah tidak punya hambatan lagi untuk bekerja pemenangan, baik itu berupa membangun koalisi maupun sosialisasi kepada masyarakat,” katanya. (*)