BBC, Subang – Mak Nemah tinggal sendirian di rumah tak layak huni di Dusun Talun Desa Cintamekar Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang dengan kondisi rumah tak ada dapur dan kamar mandi. Kini nenek Nemah yang usianya 63 tahun itu bisa sedikit bernafas lega karena rumahnya dibangun oleh pihak TNI dalam program rehab Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) TNI Manunggal Meembangun Desa (TMMD) Ke-108 Kodim 0605/Subang.

Keadaan rumah Mak Nemah dibangun dari bata dengan tinggi hanya setengah bangunan, dindingnya bilik (anyaman bambu). Rumah itu dibangun hanya sekedar agar Mak Nemah bisa berteduh.

Pendengaran Mak Nemah mengalami keterbatasan karena faktor usia. Orang yang berkomunikasi dengannya harus dengan nada tinggi, itu pun kadang antara pertanyaan dan jawaban sang nenek tak nyambung.

Selama ini kebutuhan makan sehari-hari Mak Nemah berasal dari saudara atau tetangganya yang tinggal tak jauh dari rumahnya. Kini rumah itu dalam proses pembangunan oleh pihak TNI dalam program TNI manunggal membangun desa (TMMD). Rumah tak layak huni itu didapati dari hasil survei Program TMMD ke-108 Kodim 0605/Subang.

“Kita membangun ini dari hasil survei sebelum TMMD dilaksanakan, ini bagian dari program kita,” kata Dan SSK Satgas TMMD ke-108 Kodim 0605/Subang, Kapten Inf Ernawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here