BBC, Serang – Guna memenuhi Hak-Hak warga Binaan, khususnya Warga Binaan yang sudah Lansia. Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Serang meluncurkan Program Layanan Dilan Care, atau layanan peduli Disabilitas dan Lansia yang merupakan layanan untuk menyasar pada pemenuhan kebutuhan khususnya warga binaan penyandang disabilitas dan Lansia dengan mengedepankan aspek penghormatan terhadap nilai-nilai kemanusiaan. 

“Dengan memilih moto Jujur, Akuntabel, Wibawa, Aman, Religius, Asri (JAWARA), Lapas serang berupaya memberikan kemudahan layanan kepada seluruh warga binaan tanpa diskriminasi,” kata Kepala Seksi (Kasi) Binadik Lapas Kelas IIA Serag, Rudi saat ditemui di kantornya, Jum’at (21/8/2020).

Rudi menjelaskan, semua Layanan peduli disabilitas dan lansia merupakan layanan khusus yang membantu para penyandang disabilitas dan lansia dalam memelihara kemampuan dan kesehatan fisik, mental dan sosial sehingga para penyandang disabilitas dan lansia dapat menjalani sisa masa pidana dengan baik serta mendapatkan jaminan atas hak-hak nya. 

“Ada beberapa Layanan Dilan Care diantaranya, Lakon Dilan atau Layanan Konseling Disabilitas dan Lansia yang diperuntukan untuk memberikan bantuan dalam hal pengembangan pribadi dalam bentuk konseling secara personal maupun kelompok,” Jelas Rudi.

Apalagi, lanjut Rudi, kebanyakan dari mereka (Napi Lansia) jarang dibesuk oleh pihak keluarganya. Sehingga, mereka kerap merasa bingung pada saat ingin menyampaikan keluhan terkait kesehatannya selama menjalani masa hukuman. 

“Kalo konseling manfaat nya untuk mereka menyampaikan keluhan. Kebanyakan lansia ini jarang dibesuk keluarganya. Kita sebagai penyambung bisa menerima keluhan keluhan mereka. Dan kita yang akan menghubungi keluarga untuk menyampaikan keluhan mereka,” ungkap Rudi.

Rudi menambahkan, selain Lakon Dilan, ada juga Lapak Dilan yaitu Layanan Pemeriksaan Kesehatan Disabilitas dan Lansia. Layanan ini diberikan dalam rangka penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan terhadap warga binaan disabilitas dan lansia secara aktif. 

Baca juga :  Pererat Kerjasama, PWI dan Unsera Bersepakat Teken MoU

“Untuk klinik diisi dengan 2 orang perawat dan 1 Dokter gigi. Semua napi lansia kita lakukan Cekup, sementara Kalo ada yang sakit urgent. Kita pindahkan ke klinik yang lebih luas. Yang di dalam,” imbuhnya

Ia menyatakan, masih banyak lagi layanan yang diberikan Lapas Kelas IIA Serang untuk Napi Lansia. 

“Tidak hanya Lakon Dilan dan Lapak Dilan, ada juga saran Dilan. Seperti sarana hiburan disabilitas dan lansia, selanjutnya ada pendiri Dilan atau Pembinaan kemandirian disabilitas dan Lansia yang merupakan layanan pembinaan kemandirian,” terangnya. 

Untuk diketahui, saat ini di Lapas Kelas IIA Serang terdapat satu Blok khusus untuk Napi Lansia. Dimana, dalam satu Blok itu terdapat 5 kamar dengan kapasitas kamar ditempati oleh 1-5 orang Napi Lansia yang dilengkapi dengan fasilitas khusus untuk Napi Lansia. Serta disiagakan 1 orang Dokter Medis dan 2 orang perawat.