BBC, Serang – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten melalui Divisi  Pemasyarakatan menggelar Pers Tour 2020. Tujuan dilakukanya kegiatan Pers Tour 2020 yakni, untuk membangun sinergi antara insan pers dan petugas Kemenkum-HAM Banten. 

Kegiatan Pers Tour 2020 diikuti sebanyak tiga puluh wartawan dari berbagai media yang meliputi dari media cetak, online dan elektronik. Yang dilakukan dengan cara melihat secara langsung berbagai kegiatan pembinaan ataupun aktivitas warga binaan yang sedang menjalani masa pidana di Lapas-lapas yang berada di wilayah Tangerang-Raya. 

“Kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas kita dari Kementerian Hukum dan HAM Banten dengan teman-teman wartawan,”kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten R. Andika Dwi Prasetya saat membuka kegiatan Pers Tour 2020 di kantornya, Rabu (2/9/2020).

Dikatakan Andika, kegiatan Pers Tour kali ini dilakukan dengan cara berkunjung ke beberapa Lapas yang ada di Tangerang-raya untuk melihat secara langsung aktivitas warga binaan di dalam Lapas. Seperti di Lapas Kelas IIA Tangerang, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA), Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP), Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tangerang, dan Lapas Pemuda Tangerang.

“Pers Tour 2020 ini kita mengambil tema “Pemasyarakatan di Mata Media”, melalui tema ini kita ingin mengundang teman-teman media untuk melihat secara langsung kondisi Lapas-lapas yang berada di Tangerang,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Provinsi Banten Rian Nopandra mengapresiasi langkah yang diambil oleh Kemenkumham Banten, Khususnya Divisi Pemasyarakatan yang telah menggelar kegiatan Pers Tour Bersama para wartawan lokal maupun nasional.

“Ini program yang di inisiasi Kanwilkumham Banten dan merupakan yang pertama kali dilakukan. Kami sangat mengapresiasi hal ini dan semoga dapat dicontoh oleh daerah lainya,” pungkas pria yang akrab disapa Opan ini.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kanwil Kemenkumham Banten R. Andika Dwi Prasetya, Kepala Divisi Pemasyarakatan Marselina Budiningsih, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Ham Sri Kurniati Handayani Pane, para kepala Upt Jajaran Kemenkumham Banten, Ketua PWI Provinsi Banten  Rian Nopandra dan para insan Pers. (1-2).