BBC, Serang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang diganjar piagam penghargaan tropi atau plakat dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI). Penghargaan sebagai bentuk apresiasi yang telah meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berdasarkan Laporan hasil pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (LHP BPK RI) Perwakilan Provinsi Banten lima kali secara berturut-turut.

Penghargaan diserahkan oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Serang, Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan, Wimpie Defianto diterima oleh Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Serang, Ade Ariyanto di pendopo bupati pada Senin, 26 Oktober 2020. Turut mendampingi, Sekretaris Daerah (Sekda) Tubagus Entus Mahmud Sahiri, Inspektur Rahmat Jaya, dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Serang.

Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Serang, Direktorat Jenderal Perbendaharaan pada Kementrian Keuangan, Wimpie Defianto mengatakan, penyerahan penghargaan yang dilakukan pihaknya mewakili Kementrian Keuangan sebagai bentuk apresiasi kepada Pemkab Serang.

“Penghargaan ini atas prestasi Kabupaten Serang meraih Opini WTP BPK RI Perwakilan Provinsi Banten hasil LHP Tahun 2019,” ujar Wimpie kepada wartawan usai penyerahan.

Akan tetapi, sabut Wimpie, ada yang lebih membanggakan yakni dengan Raihan Opini WTP BPK RI Perwakilan Provinsi Banten diperoleh lima kali secara berturut meski Pemkab Serang sembilan kali meraih Opini WTP. “Ini sudah 5 kali berturut-turut (meraih opini WTP) sehingga Kabupaten Serang mendapatkan plakat (tropi) dari Kementrian Keuangan,” terangnya.

Wimpie memastikan, jika mendapatkan Opini WTP selama lima tahun berturut-turut dan menerima plakat dari Kementrian Keuangan diartikan semakin membaik tata kelola pelaporan keuangannya. “Tidak akan pernah mendapatkan penghargaan plakat dari Kementrian Keuangan kalau tata kelolanya tidak semakin membaik. Laporan keuangan yang disusun sudah sangat akuntabel sesuai dengan kaidah akuntansi yang ada,” jelasnya.

Pihaknya berkeinginan, dengan raihan Opini WTP BPK RI Perwakilan Provinsi Banten dan penghargaan dari Kementrian Keuangan Pemkab Serang terus mempertahakannya. “Ini tidak terlepas dari kerja keras jajaran Pemkab Serang,” tuturnya.

Sekda Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri mengaku bersyukur atas penghargaan yang diperoleh Pemkab Serang dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementrian keuangan. “Tentunya ini merupakan hasil jerih payah semua teman-teman OPD, ASN yang dalam prosesnya merasakan tantangan dan hambatan. Tapi dengan kerja keras dan menghasilkan yang baik, hari ini kita mendapatkan kebahagiaan,” ujarnya.

Untuk selanjutnya, Entus berharap kepada para kepala OPD untuk terus mempertahankan prestasi ini. Meski saat ini, sebutnya, adanya perubahan dan tata kelola keuangan Simral atau Sistem Informasi Manajemen Perencanaan Penganggaran dan Pelaporan berubah melalui SIPD atau Sistem Informasi Pemerintah Daerah. OPD atau ASN tidak boleh lelah, meski ada perubahan aturan tata kelola keuangan yang tadinya menggunakan Simral ke SIPD. Terus kita upayakan,” ajak Entus.

Senada disampaikan Pjs Bupati Serang, Ade Ariyanto. Kata Ade, meski Pemkab Serang sembilan kali meraih Opini WTP BPK RI namun penghargaan dari Kementrian Keuangan hanya lima kali yang secara berturut-turut.

“Kami sangat bersyukur atas piagam ini. Ini suatu penghargaan yang luar biasa, bisa di lihat daerah lain yang mendapatkan piagam segitiga ini bisa terhitung. Ini kategori 5 kali berturut Raihan WTP tanpa catatan, Insya Allah semua OPD terkait termotivasi lebih baik lagi dalam pengelolaan keuangan. Intinya hari ini kita sangat bersyukur nikmat ini dengan bekerja lebih baik lagi,” tuturnya.