BBC, Serang – Organisasi Perangkat Daerah di Kota Serang diminta untuk ikut berperan saat penanganan bencana banjir. Apalagi situasi ancaman banjir saat ini berada di tengah wabah Covid-19.

“Saat ini kan ditengah Pandemi Covid-19, jadi bencana alam yang terjadi harus dibarengi dengan kewapsadaan penularan Covid-19 juga,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Serang Diat Hermawan, Jumat 4/12/2020. 

Diat mengakui penanganan bencana alam seperti banjir ditengah pandemic Covid-19 dipastikan berbeda. Tidak hanya pertolongan terhadap korban yang terdampk musibah, melainkan warga harus dipastikan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

“Makanya kami juga mengawasi di lokasi benjir misalnya agar masyarakat tidak berkerumun. Ini penting agar tidak ada penularan di masyarakat,” terangnya. 

Jangan sampai, lanjut Diat adanya musibah banjir menjadi klaster baru dalam penularan Covid 19. Untuk itu BPBD menginginkan adanya peran startegis dari OPD lain seperti Dinkes yang juga melakukan pemantauan di lokasi-lokasi bencana.

“Makanya kami minta peran dari OPD lain seperti Dinkes untuk ikut juga memantau saat terjadi bencana. Sehingga keselamatan warga yang terdampak banjir terhindari dari penyebaran Covid-19,” lanjutnya. 

Baca juga :  Kadiv Propam Polri Kedepan Pelanggaran Terhadap Kode Etik Anggota Akan Semakin Berkurang