BBC, Serang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang terus melakukan upaya dalam pembinaan kepada Organisasi masyarakat sipil (Ormas/OMS) dengan meningkatkan sinergi antara organisasi perangkat daerah (OPD) dan Ormas/OMS. Salah satunya dengan menggelar Lokakarya Penguatan Kinerja dan Lingkungan Pendukung bagi Ormas/OMS se Kabupaten Serang.

Asisten Daerah (Asda) III Bidang Administrasi Umum Kabupaten Serang Ida Nuraida mengatakan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) bekerjasama dengan USAID MADANI menyelenggarakan lokakarya pengelolaan data dan penguatan kapasitas OMS serta mewujudkan lingkungan pendukung bagi keberlangsungan kinerjanya. Yang bertujuan, untuk meningkatkan pemahaman bersama terkait dengan peran strategis pengelolaan data OMS dan meningkatkan pemahaman dalam penguatan kelembagaan OMS melalui alat pengukuran Indeks Kinerja Organisasi (IKO).

“Kegiatan ini secara umum bertujuan meningkatkan kapasitas dan pemahaman bersama terkait dengan pentingnya peningkatan kinerja organisasi kemasyarakatan dan mewujudkan lingkungan pendukung bagi keberlangsungan OMS,”ujar Ida dalam sambutannya saat membuka lokakarya di Aula Tb. Suwandi Setda Kabupaten Serang pada Selasa, 13 September 2022.

Secara spesifik, kata Ida, tujuan dilaksanakannya lokakarya untuk meningkatkan pemahaman bersama antara OPD dan OMS terkait dengan peran strategis pengelolaan data OMS bagi sinergitas pembangunan. Kemudian meningkatkan pemahaman dan pengetahuan OPD dan OMS dalam penguatan kelembagaan melalui alat pengukuran Indeks Kinerja Organisasi (IKO).

“Begitu juga meningkatkan pemahaman OPD dan OMS terkait dengan tata kelola dan infrastruktur di dalam mengawal keterbukaan informasi publik, serta meningkatkan kesepahaman dan komitmen bersama tentang advokasi kebijakan dan pelibatan OMS dalam pengawalan pembangunan daerah,”papar Ida.

Diketahui lokakarya pengelolaan data dan penguatan kapasitas OMS menghadirkan sebagai narasumber Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Haerofiatna dan Kepala Badan Kesbangpol Epi Priatna. Turut hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Hariyadi dan Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Tarkul Wasyit dan puluhan perwakilan Ormas/OMS se Kabupaten Serang.

Kepala Diskominfosatik Kabupaten Serang Haerofiatna dalam paparannya terkait indikator kinerja organisasi dan keterbukaan informasi publik, yakni Kelompok Informasi Masyarakat atau KIM dan PPID atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi yang ada di desa dan OPD. Karenanya pihaknya sudah menerapkan PPID yang baru berdasarkan keputusan Bupati Serang.

“Apa yang disampaikan Ibu Bupati Serang kita dorong terus, ini sinergi dengan apa harapan bupati yang kemarin agenda kegiatan monev (monitoring dan evaluasi Komisi Informasi), jadi kita mendorong apa lagi langsung ditindaklanjuti sekaligus sosialisasi dengan ormas-ormas yang ada di Kabupaten Serang,”ujarnya.

Kepala Badan Kesbangpol Epi Priatna mengatakan kegiatan lokakarya untuk pembinaan kepada ormas-ormas yang ada di wilayah Kabupaten Serang meskipun belum semua ormas diundang. Untuk kedepannya, dia memastikan semua ormas akan di fasilitasi oleh Badan Kesbangpol untuk mengadakan acara pertemuan semacam ini.

“Outputnya adalah sosialisasi dengan ormas, ormas harus paham dengan tupoksinya untuk bersinergi, dan ormas harus paham tugasnya, kewajibannya dan larangan-larangannya untuk meningkatkan kualitas organisasi ormas itu sendiri,”ucap Epi.