BBC, Cilegon : Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan edukasi anti korupsi dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi di Kota Cilegon. Ajakan itu disampaikan Helldy saat menghadiri acara Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia Tingkat Kota Cilegon Tahun 2022 yang mengusung tema “Indonesia Pulih, Bersatu Berantas Korupsi” yang digelar Inspektorat Kota Cilegon di Lantai Dasar, Gedung Praja Mandiri Kota Cilegon, Jumat (9/12/2022).

“Korupsi merupakan musuh bersama karena dampak buruk yang ditimbulkan, oleh karena itu melalui peringatan hakordia ini kita tingkatkan peran dan tanggung jawab kita dalam upaya pemberantasan korupsi khususnya di Kota Cilegon,” ucap Helldy dalam sambutannya. 

Menurutnya, peran serta seluruh komponen masyarakat di Cilegon sangat penting dalam memberantas korupsi.

“Perayaan Hari Anti Korupsi Sedunia tingkat Cilegon tahun ini mengusung tema Indonesia Pulih, Bersatu Berantas Korupsi dimana dari tema tersebut KPK ingin mengajak dan memperkuat peran serta masyarakat dalam upaya memerangi korupsi sebab memberantas korupsi bukan hanya peran serta dari KPK tetapi perlu peran dari seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali,” lanjutnya.

Helldy mengklaim, kenaikan pangkat dan jabatan di yang dilakukan Pemerintah Kota Cilegon sampai saat ini masih bersih dari tindakan Korupsi. 

“Saat ini di Cilegon kenaikan pangkat dan jabatan dilihat berdasarkan kategori masing – masing, tidak ada yang membayar, menyogok dan lainnya kepada Wali Kota, Wakil Walikota maupun Sekda sebab kita ingin memiliki orang – orang yang kredibel, loyal dan berkompeten di bidangnya masing – masing,” katanya. 

Meski begitu Helldy berharap, peringatan Hakordia ini dapat dijadikan sebagai ujung tombak bagi masyarakat untuk memperkuat dalam mencegah dan memberantas korupsi. 

Baca juga :  RSUD ajak Germas bagi penderita Diabetes

“Hakordia tahun ini diharapkan dapat menjadi tombak untuk menguatkan kembali semangat dan partisipasi seluruh lapisan masyarakat dalam mencegah dan memberantas korupsi untuk menjadi Indonesia bebas dari korupsi khususnya di Kota Cilegon,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Sekretaris Daerah Kota Cilegon Maman Mauludin, Asisten Daerah II Setda Kota Cilegon Tb. Dzikrie Maulawardhana, Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Setda Kota Cilegon Ahmad Aziz Setia Ade Putra, Kepala Inspektorat Kota Cilegon Mahmudin serta Pejabat Eselon II dan III di lingkungan Pemerintah Kota Cilegon. (1-2).