BBC, Serang – Gubernur Banten Rano Karno mengatakan, pembentukan TPAKD ini atas rekomendasi dan arahan dari Presiden Joko Widodo agar mampu mendorong percepatan pembangunan ekonomi daerah. Namun begitu pihaknya berharap agar OJK sebagai jembatan pembentukan TPAKD ini untuk membantu Pemprov Banten menyiapkan infrastrukturnya terlebih dahulu agar akses keuangan ini bisa berkembang.

“Saya setuju  dan apresiasi dengan program ini demi perencanaan pembangunan kedepan. Tapi, kalau berbicara tentang akses tentunya kita harus menyiapkan infrastrukturnya, apa infrastrukturnya yaitu Bank Daerah. Kita ingin fokus disini dulu,” kata Gubernur.

Menurutnya, keberadaan tim ini karena kegiatannya memiliki banyak tujuan positif, diantaranya mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat dalam rangka mendukung perekonomian daerah. Selain itu, mencari terobosan dalam rangka membuka akses keuangan yang lebih produktif bagi masyarakat di daerah dan  mendorong lembaga jasa keuangan meningkatkan peran serta dalam membangun perekonomian di Banten.

“Untuk menjangkau masyarakat di pedesaan tentunya kami harus punya bank. Bagi Provinsi  Banten yang belum bank sendiri apa yang bisa kita lakukan. Mungkin gak  OJK mengeluarkan regulasi  untuk membuka ank daerah mendapatkan perlakuan khusus. Kita ingin fokus disni dulu,” ujarnya.

“Kita sedang desain pembangunan terutama di banten. Saya semakin paham bahwa banten ini harus memiliki bank sendiri, tentunya tanpa mengucilkan lembaga keuangan yang sudah berkembang. Jika tim ini sudah dibentuk, program pertama adalah membuat bank daera. Banyak potensi yang bisa diambil, ada dana desa, biaya operasional sekolah (BOS) dan lainnya. (1-1)

Baca juga :  Gubernur Banten Fokus Tingkatkan Akses Pelayanan Kesehatan Berkualitas