BBC, Tangerang – Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten, bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UMKM RI membentuk Forum Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dan Corporate Social Respotibility (CSR) tingkat Provinsi Banten yang dibuka oleh Sekda Banten Ranta Suharta di Marline Hotel Serpong, Senin, 25/4/2016.

.Ketua Panitia Rudi Arif mengatakan, dibentuknya Forum PKBL dan CSR adalah supaya tidak terjadinya tumpang tindih dalam pemberian bantuan kepada masyarakat dalam hal ini diberikan kepada Koperasi dan UMKM.

“Masih ada beberapa pelaku Koperasi dan UMKM yang mendapatkan bantuan dari sumber PKBL atau CSR karena kepandaiannya dalam membuat proposal pinjaman namun disisi lain banyak Koperasi dan UMKM yang belum mendapatkan bantuan kemitraan sama sekali.” Katanya

Menurut rudi, Kegiatan tersebut juga menitik beratkan pada pengembangan jaringan usaha kecil dan menengah “Program ini bagaimana ekonomi banten ke depan akan bergeser untuk pembangunan ekonomi bukan hanya fisik. Melalui pertemuan antara anggota UKM dan koperasi bersama perusahaan mampu menciptakan sinergitas baik,” ujar Kepala Dinkop dan UKM Tangsel, Warman Syanudin.

Ia berharap perusahan swasta bisa ikut terlibat dan bekerjasama dengan pelaku usaha yaitu melalui program bina lingkungan. “Kita fasilitasi perusahan untuk membina koperasi dan program CSR melalui kegiatan bina lingkungan kepada koperasi,” ucapnya

Sekda Banten Ranta Suharta mengatakan, Dunia usaha saat ini berperan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang sehat dengan mempertimbangkan pula faktor lingkungan hidup. Bahkan kini dunia usaha tidak lagi hanya memperhatikan catatan keuangan perusahan semata, melainkan sudah meliputi aspek keuangan, sosial, dan aspek lingkungan (Triple Bottom Line).

“Sinergi dari ketiga aspek ini merupakan kunci konsep kemitraan,” ucap Sekda.

Baca juga :  Wakil Dubes AS Amati Implementasi Program Buku Bacaan Berjenjang di SDN Jelupang 2

Menurutnya, melalui campur tangan CSR/PKBL dari para pelaku usaha baik swasta maupun BUMN/BUMD, para pelaku KUMKM di Banten akan bisa lebih maju dan bekembang.

“Melalui penguatan permodalan. Kami harapkan langkah ini bisa memperluas usaha Koperasi dan UMKM,” harapnya

Sekda menambahkan, kegiatan fasilitasi forum PKBL/CSR diharapkan dapat memberikan banyak manfaat bagi para pelaku Koperasi dan UMKM di Provinsi Banten.

“Kita harapkan koperasi sehat, UMKM maju, kuat dan masyarakatnya bisa sejahtera,” ujarnya. (1-1)