BBC, Serang – Setelah empat partai berkoalisi mendukung pasangan Wahidin Halim (WH) dan Andika Hazrumi (Aa) dalam Pilgub Banten 2017, sekarang giliran PPP secara teranf-terangan telah melakukan komunikasi dan sekapat mendukung kandidat petahana Rano Karno.

Usai melakukan pertemuan tertutup dengan di rumah dinas Gubernur Banten Rano Karno di Sumur Pecung, Kota Serang, Ketua DPW PPP Banten Agus Setiawan didampingi Bendahara PPP, Muflikhah mengaku pihaknya telah berkoalisi dengan PDIP untuk mengusung majunya kembali Rano sebagai cagub.

“Kita koalisi partai, bukan hanya mendukung tetapi lebih dari mendukung. Soal wakil kita nanti akan ada dua varian (pilihan, red),” kata Agus.

Agus menegaskan, pilihan tersebut akan disampaikan kepada Rano untuk dijadikan wakilnya dalam Pilgub Banten, pertama adalah enam nama yang sudah mendaftar dalam proses pendaftaran cagub dan cawagub di PPP. “Sebenarnya ada tujuh yang daftar, tapi satu Pak JB mengundurkan diri, sisanya tinggal enam diantara Andika Hazrumi, Haerul Jaman, ATN (Ahmad Taufik Nuriman), Eden Gunawan,” ungkapnya.

Pilihan kedua akan diberikan ke Rano jika dari nama-nama yang telah mendaftar di PPP tidak masuk kriteria apa yang diinginkan oleh oleh nomor satu di Banten tersebut. “PPP punya kader berbobot, seperti saya dan Bu Muflikhah. Nanti akan kita sodorkan itu sebaaia varian kedua. Dan apakah nanti nama-nama itu diterima atau tidak, tentunya kita juga harus mengembalikan sepenuhnya keputusan itu nanti ke DPP PPP,” jelasnya. 

Namun yang jelas lanjut Agus, kolaisi PPP dengan Rano Karno yang merupakan kader PDIP dan telah mengantongi rekomendasi sebagai cagub Banten dalam Pilgub 2017 mendatang adalah sudah terbangun ditingkat DPP.

“Yang jelas kursi kita di DPRD Banten ini hanya 8, dan kalau kita menginginkan kader kita masuk ke Banten 1, sedangkan PDIP ada 15 kursi, itu namanya ngelunjak,” ungkapnya.

Baca juga :  KPU Banten akan Verfikiasi Partai Baru Pada Bulan Depan

Hal yang sama diungkapkan, Muflikhah. Menurutnya, koalisi yang dibangun oleh PPP dengan PDIP saat ini sudah masuk kepada sejumlah nama yang akan disampaikan sebagai wakil dari partainya. “Kita sudah melakukan taaruf, sekarang tinggal keputusan dari Pak Rano saja,” kata Muflikhah. (1-1)