BBC, Tangsel – Fraksi PKS seluruh Indonesia terus bergeliat menguatkan komitmen untuk berkhidmat kepada rakyat. Salah satu upaya tersebut dilakukan melalui program hari aspirasi, yang hari ini diresmikan oleh Fraksi PKS DPRD Kota Tangsel. Ketua Fraksi PKS DPR, Jazuli Juwaini, turut memberikan sambutan pada acara yang diselenggarakan di Kantor DPD PKS Tangsel, Minggu, 22/1/2017.

Menurut Jazuli Juwaini, Program Hari Aspirasi telah menjadi _trade mark_ dan program unggulan Fraksi PKS DPR RI sejak dilaunching pada tahun 2015 lalu. Program ini telah dikukuhkan oleh PKS sebagai program nasional Fraksi PKS DPRD seluruh Indonesia. Tujuannya adalah untuk mengokohkan khidmat PKS kepada rakyat.

“Kekuatan wakil rakyat PKS adalah pada kedekatannya dengan rakyat serta kemampuannya mengelola dan menyelesaikan permasalahan rakyat. Untuk itu Program Hari Aspirasi ini sangat strategis dalam upaya memperkuat dan mengokohkan khidmat, advokasi, dan pelayanan kepada rakyat,” kata Jazuli dalam sambutannya.

Anggota Komisi I ini berbesar hati mengatakan bahwa Program Hari Aspirasi ini _genuine_ lahir sebagai ide dan gagasan Fraksi PKS DPR, dan menjadi oase ditengah terpuruknya citra dan kinerja DPR dalam mewakili kepentingan rakyat. Ini juga terobosan untuk meningkatkan kualitas representasi parlemen sehingga demokrasi kita makin bermakna.

“Setelah program ini diresmikan di pusat, hasilnya luar biasa, grafik aspirasi rakyat yang masuk ke Fraksi PKS meningkat tajam. Semoga hal itu juga meningkatkan kepercayaan rakyat kepada PKS,” harap Jazuli.

Tentu hal ini harus ditunjang dengan kemampuan mengelola aspirasi. Oleh karena itu sistem kita persiapkan dengan baik sejak penerimaan hingga tindak lanjut dan penyelesaian aspirasi.

“Ini riil kerja PKS di lembaga perwakilan karena berhubungan langsung dengan kebutuhan dan kepentingan rakyat. Melalui program ini PKS membuka diri kepada rakyat dan siap bekerja sama dengan seluruh stakeholder (masyarakat sipil, dunia usaha, dan pemerintah) di pusat dan daerah,” katanya.

Tak lupa, Anggota DPR Dapil Banten III ini menceritakan sekelumit kisah sukses soal manfaat langsung hari aspirasi ini. “Ada rakyat yang mengeluhkan listrik mati selama berbulan-bulan di daerah, Anggota PKS langsung kontak Direktur Wilayah PLN kemudian menjadi atensi dan listrikpun nyala kembali. Ada perkumpulan yang sangat apresiatif PKS karena aspirasinya tentang perlindungan PRT kita dukung penuh hingga masuk prolegnas. Ada aspirasi para pegawai Honorer yang datang beberapa kali ke Fraksi, dengan sabar kita berusaha selesaikan masalahnya dengan komunikasi dengan para pengambil kebijakan. Dan masih banyak lainnya,” pungkas Jazuli. (1-1)