BBC, Serang – Gubenur Banten Wahidin Halim bersama Panitia khusus DPRD Banten melakukan pembahasan  Raperda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Banten  tahun 2017-2022 di Gedung serbaguna DPRD Banten, Rabu 27/9/2017.

Dalam Rapat tersebut hadir Sekretaris Daerah Provinsi Banten Ranta Soeharta dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait serta anggota  DPRD Banten Pansus RPJMD.

Dalam RPJMD tersebut terdapat program unggulan Gubernur Banten dan Wakil Gubernur Banten diantaranya yaitu pembangunan ekonomi, peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan, pembangunan infrastruktur dan meningkatkan akses dan kualitas pendidikan.

Gubernur Wahidin mengharapkan agar pembangunan pendidikan ini benar-benar dapat di perhatikan karena ini adalah modal bangsa untuk memcetak generasi penerus. “Jadi berapapun yang dibutuhkan  untuk pembangunan pendidikan ,saya harapkan untuk diberikan asalkan sesuai dengan aturan yang ada,” Tegas Gubernur.

Menurutnya, dalam meningkatkan akses dan kualitas pendidikan diantaranya yaitu melalui pembangunan sekolah maupun menambahan ruang kelas baru SMA/SMK dan pendidikan khusus, rehabilitasi ruang belajar dengan kondisi rusak berat. “Penyediaan BOSDA serta peningkatan kompetensi Guru SMA dan SMK melalui pemberian beasiswa melanjutkan jenjang pendidikan S1 atau S2,” ujarnya.

Gubernur ingin setiap program pembangunan bisa berimplikasi dan multifungsi. Misalnya, pendidikan digarap itu secara riil  dan dapat mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi (LPE), menekan pengangguran, dan kemiskinan. 

“Salah satu cara untuk menekan angka penganguran di Provinsi Banten yaitu salah satunya dengan megembangkan pendidikan yang berkualitas, pendidikan terapan yang bisa berkorelasi dengan kebutuhan tenaga kerja, sehingga menghasilakan manusia –manusia yang kompeten di bidangnya,” jelasnya.

mengatakan, penyusunan Raperda RPJMD Tahun 2017-2022 berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015-2019, dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Banten Tahun 2005-2025, serta mengakomodir Visi dan Misi Gubenrur dan Wakil Gubernur

Baca juga :  32 Kang dan Nong Banten Bakal "Bertarung" Besok Malam

“Juga telah mendengar dan menyaring seluruh aspirasi atau masukan dari seluruh eleman masyarakat melalui konsultasi publik dan Musrenbang RPJMD,” tegas Gubernur. (1-1)