BBC, Tangerang – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy melakukan pukulan bola pertama membuka HIPMI Open Golf Tournament 2018 di Lapangan golf Imperial Golf Club, Lippo Karawaci, Tangerang, Selasa 6/3/2018. Pada kesempatan tersebut Andika mengaku Pemprov Banten sangat mendukung dunia usaha dan investasi di Banten dengan akan melakukan hal-hal yang dapat mempermudah para pengusaha untuk melakukan bisnis di Banten. Namun demikian Andika meminta kepada organisasi pengusaha muda Indonesia tersebut untuk membantu mengembangkan sektor UMKM di Banten.

“Kehadiran saya mewakili Pak Gubernur (Gubernur Bante Wahidin Halim) sebagai salah satu bentuk dukungan Pemprov Banten kepada dunia usaha,” kata Andika kepada pers di sela-sela acara.

Terkait permintaannya agar HIPMI membantu mengembangkan UMKM di Banten, Andika mengatakan, hal itu sejalan dengan landasan pembentukan HIPMI pada 10 Juni 1972, yaitu HIPMI berperan dalam menumbuhkan semangat wirausaha di kalangan pemuda.

Menurutnya, untuk memenangkan kompetisi di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Indonesia membutuhan 5,8 juta pengusaha baru. Saat ini jumlah pengusaha Indonesia, baru mencapai 1,56% dari total penduduk Indonesia. Angka tersebut masih jauh dibawah standar World Bank yang mensyaratkan jumlah pengusaha harusnya mencapai 4% dari total penduduk. “Karena itu, HIPMI diharapkan menjadi mitra strategis Pemerintah Provinsi Banten untuk mendorong dan berperan serta dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan di kalangan generasi muda,” ujarnya.

Andika melanjutkan, pelatihan kepada para pemuda Banten agar mampu melahirkan perusahaan-perusahaan start-up adalah salah satu bantuan yang bisa diberikan HIPMI terkait permintaannya itu. Melalui kerjasama HIPMI dan OPD terkait diharapkan pembinaan dan pengembangan wirausaha baru yang berkorelasi terhadap penurunan angka tingkat pengangguran di Provinsi Banten dapat terwujud.

Baca juga :  MMD ke-108 Telah Selesai, Bupati Subang Berharap Jalinan Sinergitas Tetap Terjaga

Dikatakan Andika, data Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa pada tahun 2016, UMKM menyerap hampir 97 persen dari total tenaga kerja nasional. Di lihat dari perspektif penyerapan tenaga kerja, UMKM diproyeksikan mampu menurunkan angka tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Banten.

“Karenanya, Pemerintah Provinsi Banten berharap kemitraan strategis antara HIPMI dengan pemerintah kabupaten/ kota se-Provinsi Banten dapat terjalin dalam rangka meningkatkan semangat berwirausaha pada generasi muda serta peningkatan daya saing dan produktivitas UMKM di Provinsi Banten,” paparnya.

Sementara itu terkait dengan turnamen golf itu sendiri, Ketua Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan BPP HIPMI, Irfan Anwar mengungkapkan bahwa turnamen tersebut digelar dalam rangka mempererat silaturahmi.

Turnamen yang disponsori oleh Coffindo (Sign Of Specielty Coffe) itu nantinya, kata Irfan, akan memberikan Mercedes Benz CLA 200 FL sebagai hadiah utama.

Untuk diketahui, HIPMI Open Golf Tournament 2018 tersebut juga merupakan rangkaian acara dalam meramaikan Sidang Dewan Pleno (SDP II) dan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) yang akan digelar pada Rabu (7/3), di Hotel Novotel Tangerang City, Kota Tangerang, Banten. (1-2)