BBC, Cilegon – PT Kreta Api Indonesia (PT. KAI) meluncurkan Rail Klinic di Stasiun Cigading Kota Cilegon. Diluncurkanya Kreta Rail Klinic tersebut untuk membantu para korban tsunami yang terjadi di perairan pesisir Banten.

PT. KAI Persero saat ini telah memiliki 4 unit Rail Klinic yang digunakan untuk kegiatan-kegiatan sosial dan membantu masyarakat yang sedang terkena musibah bencana alam maupun bencana yang lainya.

Direktur Utama (Dirut) SDM dan Umum PT. KAI Persero Ruli Adi mengatakan, Rail Klinic ini mampu menampung pasien sebanyak 300 pasien, yang dilengkapi dengan alat-alat kesehatan seperti untuk periksa gigi, perawatan umum, persalinan dan perpustakaan.

“Reail Klinic ini, mampu menampung kurang lebih sekitat 300 orang, yang didalamnya ada fasilitas kesehatan seperti untuk pemeriksaan Gigi, Perawatan Umum dan ruang persalinan serta perpustakaan,”ujar Ruli di Stasiun Cigading Kota Cilegon, Senin, (24/12/2018).

Serta disediakan juga tenaga medis seperti dokter gigi dan dokter umum. Rail Kilinic tersebut lanjut Ruli, rencananya akan disiagakan selama tiga hari kedepan. Terhitung mulai hari Senin ini.

Selaiin itu, lanjut Ruli. Dalam Real Klinic tersebut juga disediakan beberapa tenaga medis. Mulai Dokter, Perawat dan Petugas Keamanan.

“Dokter Gigi dan Dokter Umum dan petugas medis lainya serta petugas keamanan untuk menjaga keamanan dilingkungan Kreta Reail Klinic ini,”jelasnya.

Dirinya mengaku bukan hanya memberika bntuan untuk medis saja  namun pihaknya juga memberikan bantuan yang lainya.

“Kita juga berikan bantuan yang lain, seperti selimut makanan ringan dan yang lain-lain untuk kebutuhan para korban tsunami yang adadi Pengungsian, yang rencananya akan ditemlatkan di Puskesmas Cinangka da Koramil Cinangka,”ungkapnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap kepada seluruh masyrakat yang terkena dampak Tsunami agar dapat memanfaatkan bantuan tersebut. “Semoga dengan adanya bantuan ini, agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Dan dihimbau kepada masyarakat untuk tidak malu-malu memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada di Kreta Reail Klinic tersebut,”pungkasnya. (1-2).