BBC, Cilegon – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) meninjau dan mengevaluasi kinerja petugas yang memberikan pelayanan terhadap masyarakat terkait kesehatan masyarakat yang ada di RSUD Kota Cilegon. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka melaksanakan amanat Undang-Undang tentang pelayanan publik yang tertuang dalam Undang-Undang (UUD) Nomor 25 Tahun 2009.

Team Analis Kebijakan Madya dari Kemen PAN-RB Safrudin menyampaikan, dilakukanya kegiatan tersebut untuk mengetahui kinerja petugas yang memberikan pelayanan publik terhadap masyarakat yang ada di RSUD Kota Cilegon. Serta dalam rangka mengevaluasi kinerja petugas RSUD Kota Cilegon.

“Ini dalam rangka melaksanakan amanat undang undang terkait pelayanan publik yang ada di RSUD Cilegon, dan dalam rangka mengevaluai kinerja semua petugas yang memberikan pelayanan terhadap masyarakat yang ada di RSUD Kota Cilegon,”kata Safrudin di sela-sela kegiatan tersebut, Senin, (1/7/2019).

Safrudin menerangkan bahwa, dalam kegiatan tersebut pihaknya telah memberikan teguran terhadap beberapa petugas yang diara belum maksimal dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

“Dalam kegiatan ini, kita berikan teguran terhadap beberapa petugas yang belum mampu memberikan pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Sehingga kami tegur agar kedepan dapat ditingkatkan lagi dan jangan males-malesan dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat,”jelasnya.

Dirinya mengungkapkan, terdapat beberapa Aspek yang perlu di pethatikan dalam memberikan pelayanan diantaranya adalah Aspek Pelayanan Publik, Aspek Sarana Prasarana (Sarpras) dan Aspek Maklumat Pelayanan.

“Budaya pelayanan yang dibangun, serta inovasi yang dilakukan  oleh penyelenggara pelayanan publik. Dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang berkunjung ke Rumah Sakit tersebut,”ucapnya.

Sementara itu, ditempat yang sama Kepala bagian umum RSUD Cilegon Faruk Oktavian mengaku menyambut baik dengan kedatanganya team Kemen PANRB tersebut.

“Kami dari pihak RSUD Cilegon menyambut baik dengan kedatanganya team dari Kemen PAN-RB ini, semoga dengan kedatangan team ini dapat meningkatkan lagi pelayanan pelayanan kesehatan yang ada di RSUD Cilegon ini. Maka dengan begitu masyarakat yang berkunjung ke RSUD Cilegon ini dapat merasakan aman dan nyaman serta merasa puas dilayani oleh semua petugas yang ada,”kata Faruk kepada Bukabanten.co.id

Menurutnya, dengan adanya kunjungan dari Kemen PAN-RB tersebut dapat bermanfaat dan dapat lebih menjaga Konsistensi di bidang Pelayanan serta perbaikan pelayanan kepada masyarakat.

“Ibarat pepatah tak ada gading yang tak retak, kesempurnaan hanya milik Allah SWT, maka kritik saran masukan untuk perbaikan pelayanan selalu kami harapkan semoga kedepan rumah sakit ini besar karena kepedulian masyarakatnya dan bermanfaat untuk menyehatkan warganya,”pungkasnya. (1-2).