BBC, Serang: Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga provinsi Banten, Deden Apriandhi Hartawan optimis kontingan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV tahun 2019 di Papua Oktober nanti mampu meningkatkan posisinya. Apabila pada Popnas 2017 lalu, kontingan Banten hanya meraih peringkat ke 7, maka untuk tahun ini paling tidak bisa masuk dalam 5 besar.

“Untuk Popnas target kita masuk 5 besar,karena berkaca pada tahun 2017 mampu menduduki peringkat ke 7 dari posisi sebelumnya ke 18,” ujar Kadispora provinsi Banten, Deden Apriandhi Hartawan, Jumat (5/7/2019).

Menurutnya, peningkatan peringkat ini diharapkan menjadi motivasi bagi atlit dan pelatih, untuk mempersembahkan yang terbaik untuk provinsi Banten.
“Prediksi dari Kejurnas-kejurnas dan Try Out, kami optimis bisa meraih target tersebut. Mudahan pada Popnas nanti kami mampu mendapatkan 20 medali. Karena ini merupakan cita-cita seluruh masyarakat Banten,” katanya.

Dalam Popnas nanti, Deden menuturkan kontingan Banten mengandalkan sejumlah cabang olahraga unggulan. Salah satu cabor yang memiliki prestasi baik diantaranya dari Cabor beladiri seperti Karate, Judo dan Gulat.
“Meski diakui secara hitungan untuk gulat menurun prestasinya, tapi masih ada potensi untuk bisa meraih medali termasuk dari Cabor Panahan. Apalagi untuk Panahan ada beberapa Atlit yang skronya tinggi di tibgkat Nasional.

Sekertaris Dinas Kepemudaan dan Olahraga provinsi Banten, Ai Dewi Suzana menambahkan untuk mendongkrak prestasi atlit pihaknya tengah fokus memberikan pelatihan. Salah satunya yakni dengan mengoptimalkan sarana dan prasarana yang ada di wilayah provinsi Banten.

“Sekarang ini fenomena baru buat Atlit-atlit Banten yang sebelumnya masuk 7 besar dengan 230an Atlit. Sedangkan tahun ini kami hanya mengirimkan 90 Atlit untuk Popnas, tapi ini menjadi tantangan. Kami optimis tim kecil bisa berbuat banyak dengan segala potensi yang ada,” imbuhnya. (1-1)