BBC, Serang – Komisi pemilihan umum kabupaten Serang menginginkan usulan aggaran kebutuhan pelaksnaan pemilihan Bupati Serang tahun 2020 tidak banyak dicoret oleh pemerintah daerah. Karena usulan anggaran Pilgub sebesar Rp85 milyar dianggap sudah ideal untuk kebutuhan pelaksanaan pemilihan kepala daerah.

“Dari hitung-hitungan kami jumlah itu sudah ideal, maknya kami berharap pemeirntah daerah bisa menyetujuinya,”ungkap Komisioner KPU Kabupaten Serang Idrus, kepada bukabanten.co.id, Senin (8/7/2019).

Idrus mengakui sejuah ini usulan anggaran kebutuhan pemilihan Bupati sudah melalui proses perencanaan yang matang. Karena dihitung dari kebutuhan, jumlah tersebut dianggap mencukupi untuk kebutuhan pelaksanaan pesta demokrasi di daerah.

“Apalagi berkaca dari Pilbup sebelumnya angka partisipasi pemilih di kabupaten Serang dianggap rendah. Sehingga agar pengalaman serupa tidak terjadi, maka sosialisasi kepada masyarakat akan diintesifkan,” katanya.

Untuk itu Idrus mengaku KPU akan berkonsultasi dengan pemerintah daerah terkait besaran usulan anggaran tersebut. Melalui konsultasi dengan pemkab Serang, nanti diharapkan akan menghasilkan kebijakan yang berpihak terhadap penyelenggara pemilu.

“Kami akan komunikasi dengan Pemda, karena hitung-hitungan ini juga diseuaikan dengan daerah lain yang menyelenggarakan Pilkada serentak tahun 2020 mendatang,” tegas Idrus.

Sejauh ini, Idrus menambahkan pihaknya telah menerima draft pelaksanaan tahapan pemilu. Berdasarkan draft tersebut direncanakan pelaksanaan tahapan pendaftaran calon bupati dan wakil Bupati kabupaten Serang baru dibuka pada April 2020 mendatang.

“Meki begitu tahapan awal sudah akan dimulai pada Sepetember ini, seperti pencalonan perseorangan,”tukas Idrus. (1-1)