BBC, Serang – Gubernur Banten Wahidin Halim memimpin langsung rapat Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Daerah Pemerintah Provinsi Banten Tahun Anggaran 2018, di ruang aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang pada Senin (6/8/2018). Gubernur memimpin rapat yang merupakan bagian dari evaluasi kinerja setiap OPD didampingi Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan Pelaksana harian (Plh) Sekda Ino S Rawita.

Rapat evaluasi kali ini, Gubernur Banten menyoroti berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Sekretariat Daerah (Setda) khususnya program-program yang telah dicanangkan dan dijalankan setiap Biro baik dilingkup Asda I, II maupun III. 

Gubernur meminta pemaparan dari setiap Kepala Biro khususnya progres hingga triwulan ketiga. Dari setiap paparan, Gubernur langsung melakukan kroscek kepada setiap OPD yang terkait dengan progres dari masing-masing Biro. Khususnya yang berkaitan dengan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. 

Pada rapat evaluasi tersebut, Gub juga memberikan arahan berkaitan dengan berbagai hal yang menjadi fenomena di masyarakat pada saat ini. Sehingga setiap Biro dapat memberikan dan melaporkan kajian-kajian serta analisa di lapangan, yang selanjutnya dapat dikerjakan secara teknis oleh OPD dan hendaknya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Ketika ada isu tentang pengijon atau tengkulak, segera laporkan ke gubernur atau ke dinas yang terkaitnya. Jadi bukan hanya sekedar dijadikan isu semata. Harus ada tindakan yang signifikan,” tegas Gubernur

Selanjutnya, Gubernur menegaskan bahwa sebagai pemerintah kita harus hadir ditengah-tengah masyarakat dan memahami berbagai kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat. Dan sebagai aparatur, harus selalu siap dalam melayani warga atau masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Asda 1 Pemprov Banten Anwar Mas’ud mengungkapkan, dalam rangka memeriahkan acara Asian Games 2018, Pemprov Banten mengadakan beberapa acara diantaranya Sepeda Nusantara dan Pawai Obor Asian Games. Dalam acara pawai obor yang diselenggarakan pada  9 Agustus 2018,  akan diterima dari Merak oleh Plt Walikota Cilegon, dan akan dibawa ke Pendopo Lama, Museum Banten, seluruh OPD diundang untuk hadir.

Baca juga :  DMI Banten Bagikan Sembako Bagi Marbot Masjid

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten Deden Apriandhi Hartawan juga mengungkapkan, untuk rencana acara sepeda nusantara akan dilaksanakan pada 12 Agustus 2018, dimana acara tersebut merupakan acara Kementerian Koordiantor Bidang Politik Hukum dan Keamanan dan akan dihadiri langsung oleh Menkopolhukam serta Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Dalam Negeri. Sepeda Nusantra ini diharapkan dapat menghadirkan 5000 pesepeda.  Diharapkan pula untuk para ASN terkait pada bidang Menkopolhukam, dapat hadir mengikuti acara tersebut karena akan dilaksanakan pula gerak jalan.

Untuk memperingati hari Kemerdekaan Indonesia, akan digelar upacara, petugas upacara khusus Paskibra dengan penanggung jawab langsung dari Kopasus dan akan dilaksanakan di Pendopo Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang.

Pada kesempatan ini Gubernur Wahidin juga mengundang pakar dan konsultan tata tata ruang dan transportasi Yayat Supriyatna untuk memaparkan rencanan pengembangan Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) yang lebih maju dan modern. (ARTP/ 1-1)