BBC, Semarang – Mahasiswa sebagai generasi milenial bertumbuh dengan perkembangan teknologi informasi. Aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) yang memanfaatkan kecanggihan teknologi, diharapkan dapat digunakan oleh mahasiswa untuk menyampaikan aspirasi dan keluhan dalam pelayanan publik.

Namun, masih banyaknya masyarakat ataupun mahasiswa yang belum mengetahui mengenai aplikasi LAPOR!, menjadi perhatian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk terus memperkenalkan kanal pengaduan pelayanan publik ini. Saat ini, sosialisasi aplikasi LAPOR! terus digalakkan Kementerian PANRB dengan melaksanakan kegiatan LAPOR! _Goes to Campus_. Universitas Diponegoro (Undip) menjadi universitas pertama yang disambangi tim LAPOR!.

Kementerian PANRB mendorong mahasiswa turut serta menyosialisasikan aplikasi LAPOR! ini kepada masyarakat luas. Selain sosialisasi, pemerintah juga melakukan edukasi kepada masyarakat dan mahasiswa tentang cara menyampaikan aspirasi dan keluhan dengan baik kepada instasi pemerintah. “LAPOR adalah sistem yang dikembangkan pemerintah. Acara ini mengeksplorasi apa itu LAPOR!,” jelas Wakil Rektor 1 Undip Budi Setiyono pada acara Lapor _Goes to Campus_, di Semarang, (10/09).

LAPOR! _Goes to Campus_ ini disambut hangat oleh mahasiswa Undip karena masyarakat menjadi tahu tempat yang tepat untuk menyampaikan aspirasi ataupun keluhan. Naura Fika, salah satu mahasiswa Undip mengaku belum mengetahui adanya aplikasi LAPOR!. “Acara ini membantu kita untuk memahami aplikasi LAPOR. Kita juga diedukasi bagaimana cara menggunakan aplikasi LAPOR dengan tepat,” ujar Naura.

Selain Naura hal serupa juga dikatakan oleh Sureni dari Politeknik Maritim Negeri Indonesia. Menurutnya, acara lapor ini sangat membantu mahasiswa untuk lebih mengerti tugas pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. “Sebelumnya saya belum tahu LAPOR ini. Kemudian datang kesini ternyata menarik, akhirnya saya juga ikutan download karena ada sesuatu yang ingin saya laporkan,” ujarnya, usai mengikuti seminar mengenai LAPOR!.

Baca juga :  Maudy Ayunda Bernagi Pengalaman Terhadap Ribuan Peserta Raimuna

LAPOR! _Goes to Campus_ ini menghadirkan narasumber yang kompeten dan penyampaian materi yang efektif, sehingga diharapkan akan meningkatkan jumlah pengguna LAPOR!. Selain diisi oleh pemateri dari instasi pemerintah, LAPOR! _Goes to Campus_ ini juga menghadirkan pemateri dari perusahaan strartup yang sedang berkembang pesat di Indonesia, yakni Grab. Grab diharapkan bisa memberikan masukan kepada milenial agar dapat mengetahui perkembangan saat ini. (HUMAS MENPANRB/1-1)