BBC, Lebak – Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Lebak meminta kepada oknum yang mengatasnamakan HMI Se-Banten, untuk bertanggung jawab baik secara konstitusional HMI dan juga kelembagaan organisasi HMI.

Sebuah gerak langkah dalam suatu sistem dinamisasi kelembagaan organisasi himpunan, sejatinya haruslah dibarengi dengan implementasi konstitusi, karena konstitusi sebagai ruh tertinggi dalam sebuah organisasi. Dimana konstitusi untuk organisasi HMI sendiri adalah sebagai  pengejawantahan nilai yang dinamis di HMI dalam menjalankan roda dinamisasi organisasi.

“Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Lebak yang berada di wilayah Banten merasa terklaim dan tercatut terkait tindakan aksi atas apa yang dilakukan  kawan-kawan HMI Cabang Serang. Kenapa demikian, kami selaku pengurus Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Lebak merasa dalam sebuah organisasi kita belajar terkait bagaimana menjalankan etika keorganisasian dengan cara melakukan hubungan baik melalui konsolidasi dalam sebuah komunikasi baik secara tersurat maupun secara kelembagaan HMI,” kata ketua HMI Adang Hardiana dan seluruh pengurus HMI cabang Lebak melalui keterangan rilisnya, Jum’at, 2/6/2020.

Menurut Adang, dalam sebuah organisasi perlu kita ketahui bersama bahwa aturan atau konstitusi adalah sebagai ruhnya organisasi baik secara fomal maupun Nonformal sebagai bentuk administrarif konstitusional HMI dan juga dalam kelembagaan organisasi HMI, yang harus kita junjung tinggi dan implementasikan bersama untuk mengejawantahkan nilai yang baik dalam sebuah organisasi.

“Tentu untuk menciptakan hal tersebut selama ini kita sadar jauh dikatakan sempurna dalam tataran aturan namun hal tersebut harus adanya kesadaran dari seluruh jajaran atau element kader dan lembaga himpunan mahasiswa islam sebagai organisasi mahasiswa yang berasaskan islam,” sambungnya.

Menyampaikan, terkait hal tersebut, HMI Cabang Lebak mengaku tidak pernah melakukan komunikasi surat yang mengatas namakan perwakilan kader HMI se-Banten terkait aksi di DPRD Provinsi Banten.

Baca juga :  PKS Beli Beras 17 ton dari Petani Banten

“Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Lebak selama ini tidak pernah merasa melakukan komunikasi surat yang mengatas namakan perwakilan kader HMI se-Banten terkait aksi di DPRD Provinsi Banten dan kami pun harus sampaikan kepada kader, alumni atau senior HMI dan kelauarga besar HMI se-Banten bahwa kami tidak pernah membuat surat, rilis dan pamplet terkait hal tersebut. Jika terdapat adanya pamplet, surat, dan rilis atas nama HMI Cabang Lebak sekali lagi tolong hubungi kami serta kami memohon maaf karena kami tak pernah membuatnya dan juga kami tak mengikuti prihal perkembangan persiapan aksi di gedung DPRD provinsi tersebut,” tutupnya. (1-2).