BBC, Serang – Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Banten Syibli Syarjaya mengungkapkan, pelaksanaan MTQ XVII Provinsi Banten hingga hari Kamis (13/8) secara keseluruhan berjalan dengan baik, baik dari segi kesehatan maupun dari pelaksanaan lomba.

“Yang kita syukuri hingga hari ini semuanya sehat. Begitu pun dengan Dewan Hakim. Semuanya full sehingga kita tidak perlu mencari badal,” kata Syibli bersama Wakil Ketua Dewan Hakim MTQ XVII Ahmad Tholabi Kharlie dan Sekretaris Dewan Hakim MTQ XVII Uesul Qorni, Kamis 13/8/2020.

Syibli menjelaskan, pada MTQ kali ini begitu selesai acara lomba di setiap cabang lomba langsung diketahui pemenangnya karena tidak ada babak final. Namun untuk menetapkan kafilah yang juara umum, juara kedua, ketiga, hingga urutan kedelapan ditetapkan melalui rapat koordinator Dewan Hakim.

“Pengumuman juara umum dan para juara akan dilakukan pada acara penutupan hari Sabtu tanggal 15 Agustus di pendopo gubernur,” ungkap Syibli.

Mengenai puas dan tidak puas para peserta soal penilaian, Syibli menjelaskan, ada protes karena tidak masuk juara, apalagi interval nilainya tipis, atau bahkan nilainya sama, tetapi Dewan Hakim punya norma. “Misalnya si A, B, dan C nilainya sama. Kalau tilawah, kita akan lihat lagi nilai tajwidnya, fasohah, suara, lagu, dan sebagainya. Kalau semuanya tetap sama nilainya, akan kami pertandingan lagi untuk menentukan peringkat juara sebab tidak boleh ada juara ganda,” jelas Syibli.

Syibli berpesan kepada para peserta yang akan berlomba pada hari ini dan Jumat besok agar menjaga kesehatan dan stamina. “MTQ ini butuh stamina yang baik. Misalnya seorang peserta diunggulkan, tapi bisa saja kualitas suaranya menurun ketika lomba. Dewan Hakim itu bukan lihat dari track recordnya, tapi menilai saat tampil,” jelas Sybli.