BBC, Tangerang – Sekretaris Umum (Sekum) KONI Provinsi Banten Koswara Poerwasasmita mengapresiasi penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten di Kota Tangerang.

Hal itu dia ungkapkan saat konferensi pers Pengurus Besar Porprov VI Banten di Media Center Porprov VI Banten, Stadion Benteng Reborn, Kota Tangerang, Senin, 28/11/2022.

Koswara mengatakan, apresiasi disampaikan Ketua KONI Banten Edi Ariadi terhadap pelaksanaan Porprov VI Banten, yang secara umum berjalan dengan sukses, dari segi persiapan maupun pertandingan.

“Intinya menurut ketua KONI Banten dan hasil evaluasi ini pelaksanaan baik pertandingan, porprov berjalan lancar dan aman,” ujarnya saat jumpa pers yang juga dihadiri Ketua PB Porprov VI Banten Sachrudin, Anggota Bidang Pertandingan Porprov VI Banten Arsani Maidi, dan Ketua KONI Kota Tangerang Hadi Rusman serta Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang.

Ia menambahkan, melihat hasil sementara hingga hari terakhir pertandingan, imbuh Koswara, dipastikan tuan rumah Kota Tangerang menjadi juara umum Porprov VI Banten.

“Tentunya sesuai hasil yang diharapkan tuan rumah dipastikan juara umum,” katanya.

Diakuinya, memang pelaksanaan porprov ini masih ditemukan beberapa kendala, tetapi sudah terselesaikan.

Kendalanya antara lain seperti update perolehan medali yang mengalami kendala.

“Kita sampaikan bahwa untuk mengumpulkan data tidak secara otomatis, tetapi berdasarkan laporan resmi dari Technical Delegate (TD), lalu di-update,” tuturnya.

Koswara menambahkan, Porprov VI Banten bukan hanya paling bergengsi dan paling berhasil dalam penyelenggaraan maupun paling banyak pertandingan cabor.

“Masalah hanya sedikit. Terbukti hanya satu persoalan yang masuk ke dewan hakim. Jadi kita sudah memutuskan hanya ada satu perkara,” jelasnya.

“Selamat buat penyelenggara dengan telah sukses besar dalam penyelenggaraan dan prestasi. Sudah dipastikan tuan rumah juara umum,” imbuh Koswara.

Baca juga :  Partai Gerindra dan Prabowo Unggul di Banten

Ketua PB Porprov VI Banten Sachrudin menambahkan, dirinya bersyukur karena sejauh ini pelaksanaan porprov berjalan dengan lancar.

“Kalau pun masih ada kekurangan, kami terus melakukan perbaikan, baik dari sarana prasarana maupun tata kelola,” katanya.

Ia mengungkapkan, Porprov VI Banten mempertandingkan 47 cabor dengan 788 nomor pertandingan.

“788 emas, perak, dan 1.046 perunggu yang dilaksanakan di 42 venue di 9 kecamatan,” ungkapnya.

Wakil Wali Kota Tangerang ini melanjutkan, porprov diikuti 5.354 atlet dan 1.392 official.

“Mereka menginap di 16 hotel selama pelaksanaan porprov, yaitu 1.500 kamar yang ditempati dengan durasi rata-rata 10 hari,” ucapnya.

Dalam pelaksanaan porprov, lanjutnya Pemkot Tangerang melibatkan pelaku UMKM untuk mengisi venue, sehingga bisa meningkatkan perekonomian.

“Hari ini diperkirakan seluruh pertandingan berakhir. Besok kita akan penutupan bertanda berakhirnya porprov,” pungkasnya.