BBC,  Serang – Bulan suci Ramadhan tidak sampai dua minggu lagi akan menyapa umat islam. Oleh karena itu pemahaman, ilmu dan wawasan tentang Ramadhan sebagai wujud kebahagiaan menyambut bulan agung itu mesti segera dimiliki oleh setiap Muslim agar semakin kuat dan bersemangat dalam menjalani tugas utama sebagai hamba Allah.

“Insya Allah mungkin tanggal 6,7 atau 8 pemerintah akan mengumumkan resmi kapan Ramadhan dimulai. Mudah-mudahan kita sepakat Ramadhan ini bisa bersamaan,” kata Gubernur Banten Rano Karno pada acara Dzikir Akbar Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Provinsi Banten di kawasan Mesjid Agung Banten Lama, Kasemen, Kota Serang, Senin, 23/5/2016.

Gubernur mengatakan, seluruh umat Islam harus menghargai jika ada perbedaan dalam melaksanakan awal dan akhir puasa Ramadhan 1437 Hijriah/2016 Masehi. Gubernur berharap agar puasa tahun ini dimulai dan diakhiri secara bersama-sama atau serentak. Jika nantinya terjadi perbedaan dalam menentukan awal puasa Ramadhan maka tidak perlu dibesar-besarkan.

“Jika berbeda tidak harus ditentang, kita tetap harus saling menghargai. Sikap saling menghargai itu penting untuk memperkokoh persatuan umat,” katanya dihadapan ratusan ibu-ibu jamaah majelis taklim.

Menurutnya, dalam kerukunan umat beragama, Provinsi Banten selalu dijadikan satu contoh oleh provinsi lain, ditengah kemajmukan masyarakat yang ada dibanten.

“Bersama FKUB, kita telah membuktikan bahwa solidaritas, persaudaran, hubungan alkulturasi, budaya di banten ini telah menjadi contoh nasional,” ucapnya.

Terkait kegiatan istigosah dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, Gubernur menaruh perhatian dan apresiasi yang sangat tinggi karena kegiatan ini menjadi wahana perekat umat dan sarana peningkatan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Sebagai organisasi Islam dalam khazanah sosial keagamaan, saya melihat kiprah BKMT Provinsi Banten tidak pernah surut dalam melaksanakan kegiatan keagamaan di banten,” imbuhnya.

Baca juga :  Jadi Nominator Penerima Award, Banten Gagas Honorer Ikur BPJS Ketenagakerjaan

Ketua BKMT Provinsi Banten Cicih Suyitno menjelaskan, BKMT merupakan lembaga yang sudah bermitra dengan Pemprov Banten baik dalam bidang keagamaan maupun bidang sosial. BKMT Banten lanjut cicih akan terus dan harus peduli terhadap lingkungan di sekitar, terutama untuk provinsi banten.

“Tentunya kita mengharapkan hari ini dan kedepan banten terus lebih baik. Kita doakan bersama semoag Pak Gubernur bisa terus membangun  banten yang lebih baik lagi.

Turut hadir pada kegiatan ini Kapolda Banten Brigjen Pol Ahmad Dofiri, Kenadziran Banten Tb Abbas Wase, Kepala Biro Kesra Irvan Santoso dan ratusan jamaah dari perwaklian majlis taklim se-provinsi banten. (1-1)