BBC, Serang – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy akan memanggil kepala dinas pensidikan dan kebudayaan beserta jajarannya, terkait penerimaan peserta didik baru (PPDB). kegiatan Safari Ramadhan. Pemanggilan itu menyusul adanya informasi ketidakberesan dalam sistem PPDB yang ada di Dindikbud. Penegasan Wakil Gubernur Andika Hazrumy ini disampaikan saat berbuka puasa dan shalat tarawih bersama masyarakat di Safari Ramadhan Pemprov Banten di Mesjid Nurul Muhtadin, Pejaten, Kramatwatu, Kabupaten Serang, Rabu, 7/6/2017.

Karenanya pada momentum itu, Wakil Gubernur meminta agar para wali murid bisa lebih tenang dan bersabar menghadapi persoalan penerimaan peserta didik baru (PPDB) online yang belakangan ramai.

“Saya akan panggil kepala OPD dan pejabat teknisnya. Kemelut PPDB online harus segera tuntas. Mudah-Mudahan sesegera mungkin bapak ibu sudah bisa mendaftar secara online,” kata Andika.

Andika yang belakangan akrab disapa Aa Wagub ini menjelaskan, bahwa pemanggilan terhadap pejabat Dikbud Banten merupakan pelaksanaan dari Tupoksinya yakni Pengawasan dan Pembinaan terhadap aparatur sipil negara (ASN).
“Nah mainset IT itu atau secara umum bekerja itu tidak sekedar jalan, tidak sekedar bekerja tapi harus dilihat dulu infrastrukturnya, harus dipersiapkan dengan matang. Awas hati-hati, urusan ini berkaitan dengan hajat orang banyak. Seperti kata Pak Gubernur, jangan main-main dengan masalah ini,” tandas Andika.

Seraya menambahkan, pasca gubernur sidak dan menghubunginya dirinya langsung menginstruksikan agar mulai besok sistem online untuk PPDB harus bisa diakses. “Jangan sampai kembali ke sistem manual. Untuk menghindari pungutan. Maka tidak ada lagi tawar menawar, besok (Kamis) pagi PPDB online harus sudah bisa diakses,” tandasnya.

Sebelumnya, Gubernur Provinsi Banten Wahidin Halim (WH) melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Dindikbub Banten menyikapi keluhan masyarakat perihal down server dan tak bisa diaksesnya pendaftaran online. Kedatangan gubernur secara mendadak itu kontan membuat kaget sejumlah operator PPDB 2017 yang sedang berada di ruangan Dindikbud di KP3B, Curug, Banten.

Baca juga :  Kecamatan Wanasalam Gelar Festival Bendungan Cikoncang Pertama Kali

Setibanya di Kantor Dindikbud, WH langsung memasuki ruangan. Ia sempat bertanya perihal permasalahan server PPDB Dindikbud Banten yang sepat down alias eror sehingga banyak dikeluhkan masyarakat yang ingin anaknya masuk di SMK/SMA Negeri pada tahun ajaran baru 2017 ini.

Diketahui juga, permasalahan server yang sempat down, Dindikbud telah meminta kominfo untuk melakukan backup dan mengantisipasi dengan mengalihkan pendaftaran secara manual di sekolah masing-masing. (1-1)