BBC, Cilegon – Puluhan anak koin yang biasa mencari penghidupan dengan memungut yang recehan dari pemudik di setiap dermaga diamankan oleh petugas ASDP Pelabuhan Merak.

Mereka diamankan lantaran dianggap telah melanggar ketentuan tentang ketertiban dan keselamatan di area penyebrangan pelabuhan Merak. Kegiatan razia ini juga buntut atas ditemukannya jenazah anak koin yang meninggal dan ditemukan mengambang hari ini.

Manager usaha PT ASDP pelabuhan Merak Rudy Mahmudi kepada mengungkapkan, tindakan pengamanan terhadap anak koin di kawasan dermaga pelabuan Merak bukan hal baru. Karena kegiatan ini rutin dilaksanakan petugas gabungan untuk mensterilkan kawasan pelabuhan.
“Penertiban ini sudah menjadi agenda rutin di pelabuhan. Karena kami khawatir atas keselamatan mereka,” kata Rudy.

Apalagi, kata Rudy sejak lama PT ASDP telah melarang keberadaan anak koin untuk melakukan aktivitas di setiap dermaga dengan menerbitkan sejumlah aturan. Karena aktivitas anak koin dinilai akan mengganggu keteriban dan keamanan di kawasan dermaga pelabuhan Merak.
“Larangan ini sudah lama, tapi mereka kemabli melakukan aktivitas tersebut. Mereka memang tidak ada di kawasan, karena ruangnya memang sudah sulit. Tapi mereka berenang dari using dermaga 6 itu. Kalau saja dihitung mungkin 300-500 meterlah mereka berenang sampai ke dermaga Merak ini,” tegasnya.

Setelah dikumpulkan di posko dermaga 3, lanjut Rudy kemudian para puluhan anak koin ini dibawa ke dermaga untuk dilakukan pendataan selanjutanya di KSKP Merak. Satu persatu keluarga merka didatangkan untuk kemudian diberikan pemahaman terkait kebijakan pihak ASDP.
“Meski diakui kami tidak bisa berbuat banyak atas pelanggaran yang dilakukan oleh anak koin yang mayoritas berasal dari warga setempat tersebut. Karena kami juga khawatir jika ditindak pidana, maka akan menimbulkan reaksi berlebihan lantaran dianggapp melanggar hukum,” keluh Rudy.

Baca juga :  BNN Desak Pemkot Cilegon Sediakan Pelayanan Berobat Untuk Pecandu Narkotika

Oleh sebab itu, tambah Rudy pihaknya terus melakukan pengawasan yang ketat disetiap dermaga yang ada.
“Adapun jika ditemukan adanya aktivitas dari para anak koin, maka petugas gabungan akan langsung terjun untuk mengamankan mereka,” pungkasnya. (1-1)