BBC, Serang – Pelaksanaan Indonesia Drum Corps Championship (IDCC) yang di selenggarakan di Stadion Maulana Yusuf Ciceri, Kota Serang diharapakan mampu menarik Wisatawan Nusantara dan Wisatawan Mancanegara. Harapan tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati, ketika ditemui usai pembukaan, Kamis 12/10/207.

Menurutnya di beberapa Kabupaten/ Kota yang ada di Banten memiliki Destinasi wisata yang sangat bagus untuk dikembangkan dan dikenalkan di mata dunia International.

“Para tamu undangan yang dari berbagai daerah yang sudah hadir dalam acara ini dan para juri yang langsung didatangkan dari Amerika selain mengikuti kegiatan ini dan memberikan nilai terhadap para peserta Indonesia Drum Corps Championship (IDCC), diharapakan pula dapat melihat potensi destinasi wisata, keberagaman budaya dan wisata kuliner yang ada di Provinsi Banten,” kata Eneng Nurcahyati.

Eneng menyampaikan kepada pihak CEO IDCC BJB dan Bank BJB agar kegiatan ini dapat dikemas lebih baik lagi, dan juga komunikasinya lebih bersinergi lagi agar dapat menyeluruh.

“Saya sampaikan terima kasih kepada pihak CEO IDCC BJB dan kepada pimpinan Bank BJB dan seluruh jajaran Bank BJB yang sudah mempasilitasi sehingga dapat terselenggaranya kegiatan ini,” ucap Eneng.

Direktur Keuangan Bank BJB, Nia Kania ketika ditemui usai pembukaan Event tersebut menyampaikan bahwa, dukungan ini dalam rangka memperingati hari jadi Provinsi Banten yang ke – 17 dan juga ingin mengenalkan Provinsi Banten yang sedang berkembang ini kepada Indonesia dan dunia.
“Apalagi para juri yang akan menilai kejuaraan ini langsung di datangkan dari Amerika,” kata Nia
Terselenggaranya acara ini, kata Nia perlu diapresiasi karena Provinsi Banten merupakan satu-satunya dijadikan tempat event Indonesia Drum Corps Championship (IDCC) yang biasanya hanya dilakukan di Amerika.
“Acara ini biasanya digelar di Amerika, dan ini baru pertama kalinya di gelar di luar Amerika. Selain itu juga dalam acara ini di siapkan juga lisen dalam acara Championsip dan Bank BJB sangat mendukung terselenggaranya acara ini di Provinsi Banten,” ujar Nia
“Hal lain dalam acara ini diharapkan agar Provinsi Banten dapat dikenal di Nasional dan Internasional, untuk di sisi pariwisatanya yang ada di Banten karena Banten ini sangat Bagus,” tegas Nia.

Ditemui di tempat yang sama Presiden CEO IDCC BJb, Hari Doyo Sugianto menjelaskan  pada kompetisi IDCC yang kedua ini diharapkan mampu memberikan hal yang sangat luar biasa. Karena di kompetisi ini mampu menghadirkan peserta yang cukup lumayan banyak. Tercatat ada 14 Provinsi 26 Drum Band, ini adalah hal yang luar biasa dan ini tidak mudah untuk dilakukan.

Baca juga :  Tiga Puluh Persen Angggaran Kab. Lebak untuk Jalan dan Jembatan

“Di tahun kedua ini dapat mengumpulkan 14 provinsi dengan 26 peserta ini sangat luar biasa dan tidak mudah dilakukan dan bahkan di tahun kedua ini IDCC dapat berbicara ke dunia Internasional,” kata Hari.

Karena agenda IDCC ini, kata Hari termasuk agenda tahunan dan IDCC untuk tahun ini masuk tabloid yang ke 45 tahunya IDCC yang berada di Amerika.

“Kenapa Banten menjadi tempat terselenggaranya Ivent Drum Corps Championship (IDCC) karena sebelumnya sudah memperkenalkan kepada dunia IDCC di mata international,” ujar Hari

Sedangkan untuk para juri, Hari Doyo menambahkan semuanya didatangkan dari Amerika, karena mereka juga adalah para juri IDCC dan bahkan pernah menilai pada waktu kegiatan Surosoan yang Notabenya mereka adalah para Profesor dan para Doktor di sekolah musik.

“Kategori yang dilombakan pada kegiatan tersebut, ada dua kelas yang pertama Drum Corp dan yang kedua Sound Sport,” ungkap Hari

“Dalam perlombaan tersebut, juara 1 sampai juara 3 akan mendapatkan hadiah, untuk juara 1 berupa uang tunai sebesar  Rp75 juta dan perlengkapan alat musik,  untuk Juara 2 akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 50 juta, dan yang terahkir mendapatkan uang Tunai Sebesar Rp 30 jutsa  Total semuanya menjadi Rp 500 juta,” jelas Hari.  (1-2)