BBC, Serang – Kurang lebih 3000 personil anggota Kepolisian Polda Banten akan diterjunkan untuk melakukan pengamanan Natal dan Tahun Baru. Ribuan personil itu akan ditempatkan di┬átiga titik yang dijadikan sebagai prioritas pengamanan terkait dengan perayaan hari Natal dan malam pergantian tahun baru, seperti pengamanan untuk tempat-tempat peribadatan, pengamanan jalur dan pengamanan tempat-tempat wisata.

“Belajar dari tahun lalu, dengan situasi Cuaca Ekstrim, maka dalam kegiatan oprasi Lilin nanti ada tiga tempat prioritas pengaman, yaitu jalur mudik akhir tahun yang biasa di lalui, tempat peribadatan dan tempat-tempat isata,” kata Kapolda Banten, Brigjen Listiyo Sigit Prabowo saat ditemui usai membuka kejuaraan menembak Kapolda Open di lapangan tembak Mapolda Banten di Jalan Syeh Nawawi Al Bantani Banjar Sari Kota Serang, Sabtu 9/12/2017.

“Maka diharapkan situasinya aman dan nyaman selama menjalani kegiatan hari Natal dan malam tahun baru, tanpa ada gangguan kriminalitas,” ujar Kapolda.

Dalam pengaman tersebut pihaknya mengaku pasti akan melibatkan juga dari kesatuan TNI untuk bersama sama mengamankan selama berjalanya kegiatan hari Natal dan tahun baru.

“Mulai dari kegiatan ibadah, kegiatan liburan dan sampai dengan kegiatan pulang kembali, ketempat mereka bekerja,” jelasnya.

Kapolda menjelaskan bahwa sebelum melakukan oprasi lilin dalam rangka pengamanan Natal dan tahun baru tersebut, jajaranya juga sudah melakukan operasi pekat dalam hal ini yang dimaksud targetnya adalah penyakit masyarakat.

“Sebelum melakukan operasi lilin, kita juga sudah melakukan operasi pekat untuk mengamankan pelaku premanisme yang berada di terminal, dan juga mengamankan tempat tempat hiburan malam,” katanya.

Selain itu juga pihaknya mengaku akan melakukan tugas sebagaimana dengan intruksi dari Kapolri bahwa jangan sampai masyarakat yang akan melakukan kegiatan malam tahun baru dan hari Natal merasa jadi tidak nyaman.

“Yang jelas nanti dalam pengamanan itu, akan kita perluas seperti, pengamanan dari tindakan pencobetan, curas, curanmor, pembiusan dan yang lain-lain akan kita perluas pengamanannya,” tukasnya. (1-2)