BBC, Serang – Program uji coba layanan data kependudukan satu hari langsung jadi (One Day Service) yang diterapkan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Serang mendapat respon positif masyarakat. Ini terlihat dari pengajuan permohonan pembuatan dan perbaikan data kependudukan seperti KTP elektronik, Kartu Keluarga termasuk Akta Kelahiran di Disdukcapil terus menggeliat.

“Uji coba One Day Service yang diterapkan selama lima hari 1.881 Kartu Keluarga dan 3.332 KTP elektronik warga Kota Serang Direkam dan dicetak. Tingginya animo masyarakat yang menginginkan pembuatan data kependudukan seperti KTP elektronik, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran satu hari langsung jadi,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Serang, Ipiyanto Rabu 28/11/2018.

Ipyanto menjelaskan, penerapan program One Day Service ini tidak hanya dilakukan dihari-hari tertentu. Namun terhitung hari ini layanan  ini akan terus diterapkan setiap hari.

” Layanan  One Day Service sebelumnya tidak bisa dilakukan setiap hari, karena keterbatasan sarana dan prasarana kondisi peralatan yang tidak memenuhi, termasuk adanya layanan jemput bola data kependudukan sampai ke tingkat RT dan RW yang dilakukan operator Disdukcapil Kota Serang,” ucap Ipyanto.

Ipyanto menambahkan, masyarakat yang mengajukan permohonan pembuatan data kependudukan bisa satu hari langsung jadi, namun dengan catatan sepanjang  server tidak mengalami masalah, dan syarat dokumen pembuatan data kependudukan lengkap.

“Layanan One Day Service dalam satu hari bisa melayani sekitar 150 pemohon. Program tersebut juga salah satu upaya dalam rangka persiapan pemilu 2019,” tandas Ipyanto. (1-3)

Baca juga :  Hilang Kendali Mobil Mini Bus Nabrak Truk Tronton di Jalur Mudik Jakarta Serang