BBC, Cilegon – Peningkatan arus mudik di Pelabuhan Merak-Banten, pada H-5 Lebaran tahun 2019 sudah mencapai 56 Persen pada kendaraan Roda empat dan 200 Persen lebih pada Kendaraan Roda dua. Oleh karena itu, pihak Kepolisian akan terus meningkatkan pengamanan di Pelabuhan Merak – Banten.

Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukamanto mengatakan, Operasi ketupat tahun 2019 berjalan selama 10 hari, dimana dari hasil Operasi ketupat tersebut tercatat pemudik di pelabuhan Merak – Banten meningkat hingga 56 persen pada kendaraan roda 4 dan 200 persen lebih pada kendaraan Roda dua. Oleh karena itu, pihaknya akan meningkatkan pelayanan dan pengamanan di Pelabuhan Merak Banten.

“Jadi kegiatan Operasi Ketupat Kalimaya ini akan kita lakukan selama 10 hari, hari ini kita melaksanakan kontrol kegiatan pengamanan di Pelabuhan Merak. Dimana saya dan rombongan mendapatkan tugas untuk wilayah Lampung dan Cilegon dan pak Kapolri ke wilayah Timur,”ujar Wakapolri di sela-sela peninjauan di Pelabuhan Merak – Banten. Jum’at, (31/5/2019).

Meski demikian, lanjut Wakapolri, kesiapan pelayanan baik dari pihak pelabuhan maupun dari pemerintah daerah sudah cukup signifikan.

“Kesiapan Fasilitas – Fasilitas yang dilakukan oleh pihak ASDP dan Pemerintah sudah cukup signifikan. Sehingga pemudik dapat merasakan mudik aman dan nyaman,”ucapnya.

Wakapolri menjelaskan, untuk mengantisipasi terjadinya sesuatu hal yang tidak di inginkan terjadi di Pelabuhan Merak. Pihaknya telah menerjunkan sebanyak seribu lebih personil kepolisian yang di dukung dengan pemasangan CCTV yang sudah terpasang di semua sudut di Pelabuhan merak Banten.

“Sudah kita terjunkan sekitar seribu lebih personil kepolisian dari Polda Banten untuk mengamankan arus mudik dan balik di Pelabuhan Merak Banten. Dan dilakukan pemasangan CCTV yang telah di pasang di berbagai sudut di pelabuhan.  Sehingga dengan begitu orang yang akan melakukan kejahatan tidak berani melakukan tindakan kejahatan,”ungkapnya.

Bukan hanya itu, lanjut Wakapolri, pihaknya juga mengaku akan menempatkan satuan khusus dari pihak kepolisian. Jadi apabila terjadi sesuatu maka dapat dengan sigap dilakukan antisipasi oleh pihak kepolisian.

“Untuk mengantisipasi terjadinya hal yang  membutuhan penangan khusus, maka kami  tempatkan satuan khusus di Pelabuhan Merak. Maka dengan begitu akan dapat dengan sigap ditangani oleh petugas,”pungkasnya. (1-2).