BBC, Cilegon – Arus balik dari pelabuhan Bakahueni Lampung ke pelabuhan Merak yang akan menuju Pulau Jawa sampai saat ini sudah mencapai 35% berdasarkan dari data arus mudik kemarin, data tersebut terhitung sejak 8 hingga 9 Juni 2019 pukul 08.00 WIB tadi pagi.

General Manager (GM) PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Merak Capt. Solikin menyampaikan, saat ini masih ada sekitar 126.000 penumpang lagi yang belum melakukan arus balik di Pelabuhan Merak Banten.

“Sampai dengan tadi pagi untuk data yang sudah kembali dari pelabuhan Bakauheni ke pelabuhan Merak sudah mencapai 35% artinya masih ada sekitar 126.000 lagi penumpang yang belum kembali ke Pelabuhan Merak,”kata Capt. Solikin saat ditemui di Kantornya, Minggu, (9/6/2019).

Solikin menjelaskan, untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan kendaraan di Pelabuhan Merak, pihaknya sampai saat ini masih memberlakukan pola padat kendaraan. Dimana dari 7 dermaga yang ada di Pelabuhan Merak Banten 3 diantaranya digunakan hanya untuk proses bongkar kendaraan dan penumpang.

“Satu dermaga eksekutif untuk kapal Express 3 Dermaga untuk datang berangkat atau hanya digunakan untuk bongkar kendaraan dan penumpang dan 3 lagi digunakan seperti biasanya atau reguler,”terangnya.

Dirinya mengungkapkan, jumlah kapal yang dioperasikan untuk mengangkut pebumpang arus balik dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak Banten PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, mengoperasikan sebanyak 34 kapal.

“Saat ini kita lakukan pola padat kendaraan yang artinya kita mengoperasikan sebanyak 34 kapal yang terbagi dituju dermaga yang ada di Pelabuhan Merak,”pungkasnya. (1-2).

Baca juga :  Walikota Cilegon Lantik Ketua FKPC Husen Saidan