BBC, Serang – Palang Merah Indonesia (PMI) provinsi Banten menggelar Posko Siaga Lebaran yang tersebar di 38 titik. Puluhan Posko Siaga Lebaran ini ditempati sebanyak 353 orang petugas PMI. 

“Rinciannya Kab Serang 3 titik, Kota Cilegon 1 titik, Kab Tangerang 10 titik, Kota Tangerang 6 titik, Kabupaten Lebak 8 titik, Kabupaten Pandeglang 2 titik, Kota Tangael 4 titik, Kota Serang 1 titik dan dan di Markas PMI 1 titik,” ucap Kepala Markas PMI Banten, Embay Bahriyah, Selasa (18/4/2023). 

Menurutnya, dalam Posko Siaga Lebaran terdapat dua layanan utama yang dilakukan oleh petugas PMI. Keduanya yakni layanan pertolongan pertama dan layanan ambulan. 

“Untuk ambulan yang disiagakan yakni 16 unit dan tersebar di 38 tirik kabupaten/kota se Banten,” katanya. 

Sedangkan setiap titik Posko, Embay mengatakan akan diisi minimal dua orang petugas PMI. Karena ada yang disiagakan untuk dua shift ada yang tiga shift. 

“Minimal itu dua setiap Posko, tapi ada juga yang tiga orang. Karena dalam posko itu juga yang bergabung dengan intansi lain, seperti Dinkes Polisi dan intansi lainnya,” ujar Embay. 

“Mereka telah bertugas sejak H-7 sampai nanti setelah Lebaran atau H+7. Tapi melihat situasi dan kondisi,” ucapnya. 

Para petugas yang disiagakan, lanjut Embay merupakan orang-orang yang sudah terlatih. Bahkan adapula petugas yang baru pertama kali ikut betugas si Posko Siaga Lebaran. 

“Tapi mereka kami pastikan sudah bisa memberikan pelayanan kepada pemudik. Minimal untuk pelayanan pertama. Karena sebelum bulan puasa, mereka sudah dibekali dengan pelatihan kegiatan yang dimaksud,” ucap Embay. 

Baca juga :  Masih Idul Fitri, Danrem Dikunjungi Wakapolda Banten