BBC, Cilegon – Puskesmas Cibeber Kota Cilegon, menjadi salah satu Puskesmas perwakilan untuk dilakukan kegiatan Monitoring yang dilakukan oleh Biro Organisasi Provinsi Banten. Monitoring tersebut dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan masyarakat pada bidang kesehatan, di Kota Cilegon.

Sekertaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon, Hana Johan Sastradijaya mengatakan  dipilihnya Puskesmas tersebut karean Puskesmas Cibeber pernah menjadi juara lomba pelayanan publik tingkat Kota Cilegon dan juga pernah menjadi Puskesmas berprestasi tingkat Provinsi Banten.

“Kenapa puskesmas Cibeber yang kita pilih sebagai Puskesmas perwakilan, selain pernah menjadi juara Puskesmas yang memiliki pelayanan publik terbaik tingkat Kota Cilegon. Namun juga pernah menjadi juara pada lomba Puskesmas berprestasi tingkat Provinsi Banten,”ujar Johan usai kegiatan Monitoring tersebut di Puskesmas Cibeber Kota Cilegon, Rabu, 12/9/2018.

Johan menyampaikan, kegiatan Monitoring tersebut dilakukan untuk meningkatkan pelayanan publik pada Puskesmas yang ada di Kota Cilegon. Dan juga untuk dijadikan evaluasi pelayanan kepada publik yang ada di Puskesmas agar dapat segera diperbaiki.

“Kegiatan Monitoring yang dilakukan oleh Biro Organisasi Provinsi Banten itu, untuk meningkatkan pelayanan publik di Puskesmas yang ada di Kota Cilegon. Dan juga sebagai sarana untuk mengevaluasi pelayanan yang ada di Puskesmas, apabila masih ditemukan kekurangan-kekurang dalam pelayanan pada Puskesmas,”terangnya.

Johan menjelaskan, jika masih ada ditemukan kekurangan – kekurangan terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas pihak Biro Organisasi Provinsi Banten akan memberikan saran kepada pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon.

“Kalo masih ditemukan kekurangan-kekurangan pada pelayanan maka pihak Biro Organisasi akan memberikan saran yang baik terhadap pihak Puskesmas melalui Dinas Kesehatan Kota Cilegon,”ungkapnya.

Maka dari itu, dirinya berharap dengan dilakukanya kegiatan Monitoring tersebut dapat menjadi Motivasi kepada Puskesmas yang ada di Kota Cilegon agar dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat Kota Cilegon.

Baca juga :  Inflasi Terkendali, Plh Sekda Virgojanti: Provinsi Banten Waspada Dampak Cuaca Ekstrem

“Saya berharap, dengan adanya kegiatan Monitoring ini dapat menjadi Motivasi bagi para petugas Puskesmas yang ada di Kota Cilegon,”ucap Johan.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi Banten setiap tahun mennyelenggarakan lomba Puskesma berprestasi. Dimana dalam pelaksanaan lomba tersebut untuk melihat sudah sejauh mana pelayanan yang dilakukan oleh Puskesmas kepada masyarakat. (1-2)