BBC, Cilegon – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Kota Cilegon meraih penghargaan ASEAN Eco School 2023. Sekolah yang terletak di Ciwaduk, Kecamatan Cilegon itu menjadi satu-satunya SMPN yang mewakili Indonesia di kancah ASEAN.

Berdasarkan surat Kementerian Lingkungan Hidup Nomor: S.264/PGL/PPPB/SDM.2/07/2023 perihal Hasil Seleksi ASEAN Eco-School Tahun 2023, SMPN 2 Kota Cilegon akan menerima penghargaan ASEAN Eco School pada rangkaian kegiatan The 17th ASEAN Ministerial Meeting on Environment (AMME), di Laos pada Rabu 23 Agustus 2023.

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengaku bangga dengan prestasi SMPN 2 Kota Cilegon. Dia meminta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Cilegon Heni Anita Susila untuk mendampingi pihak sekolah menerima penghargaan tersebut.

“Saya juga minta Dindikbud untuk membantu apa yang menjadi kebutuhan sekolah karena ini luar biasa. SMPN 2 Kota Cilegon menjadi kebanggaan kita semua,” ucap Helldy di aula Setda Pemkot Cilegon, Senin (21/8/2023).

Prestasi tingkat internasional ini, lanjut Helldy, membuktikan bahwa orang Cilegon punya semangat (ghirah) Geger Cilegon.

“Ini juga bukti bahwa Cilegon Bermartabat, artinya bisa bersaing dengan kabupaten kota lain di Indonesia, bahkan mancanegara,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dindikbud Kota Cilegon Heni Anita Susila juga mengaku bangga dengan prestasi SMPN 2 Kota Cilegon sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat ASEAN. Ia pun siap mengawal penyerahan penghargaan tersebut hingga ke Laos.

“Kerena dan luar biasa karena SMPN 2 Cilegon menjadi satu-satunya yang mewakili Indonesia. Insya Allah besok (Selasa 22 Agustus 2023) saya berangkat ke Laos untuk menerima penghargaan ini bersama Kementerian Lingkungan Hidup,” ucap Helldy.

Selama ini, kata Heni, pihaknya terus mendukung eksistensi Sekolah Adiwiyata di Kota Cilegon. Mulai dari perbaikan gedung, pengadaan toilet sehat, pelatihan sumber daya manusia (SDM), serta fasilitas lainnya.

Baca juga :  Semua Tahapan Rampung Besok, MTQ XVII Bakal Ditutup Gubernur

“Intinya Eco School ini kan bagaimana menciptakan lingkungan hijau, sehat, nyaman, aman, bersih dan lingkungan yang sehat,” katanya. (Advetorial).