BBC, Cilegon – Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian menemukan sejumlah fakta di lokasi ledakan pipa reaktor milik PT Mitsubishi Chemical Indonesia (MCCI) yang berlokasi di Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, yang terjadi pada Rabu pagi sekitar pukul 04.00 WIB. 

Adapun fakta-fakta yang ditemukan yakni, adanya cairan asam Tereftalat dalam kondisi panas yang suhunya mencapai 200 drajat Celcius dan menemukan semburan cairan dari dalam pipa yang jaraknya cukup jauh hingga mencapai lokasi PT Pertamina Gerem, Kota Cilegon. 

“Tadi (saat meninjau) ada campuran air yang panasnya mencapai 200 drajat dan katanya semburan akibat ledakan cukup jauh,” ucap Helldy ditemui di PT MCCI Kota Cilegon, Rabu (23/2/2022).

Oleh karena itu, Helldy mengaku telah meminta kepada pihak MCCI agar segera memperbaiki kerusakan-kerusakan akibat ledakan tersebut.

“Kami meminta agar MCCI segera memperbaiki kerusakan-kerusakan akibat ledakan itu. Dengan begitu MCCI bisa kembali beroperasi seperti biasanya,” ucap Helldy.

Helldy menyampaikan, kedatangan dirinya beserta jajaran ke PT MCCI untuk memastikan adanya isu yang beredar pada masyarakat tentang debu dan gas beracun yang keluar akibat ledakan tersebut.

“Tadi ada juga Kapolres, Dandim dan semuanya datang kesini untuk memastikan isu-isu yang beredar perihal debu-debu dan gas beracun. Tapi setelah melihat secara langsung dapat kami pastikan itu ga ada,” ungkapnya.

Helldy memastikan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun begitu, dihimbau kepada seluruh industri yang ada di Cilegon. Agar tetap waspada dan berhati-hati serta melakukan upaya pencegahan agar hal yang serupa tidak terjadi lagi. 

“Saya belum menyelidiki penyebab detailnya apa. Kami berharap MCCI dengan kejadian ini melakukan evaluasi dan mengantisipasi agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi,” pungkasnya. (1-2)