BBC, Pandeglang – Dalam rangka mendorong terciptanya masyarakat sadar konstitusi, Koordinator Daerah (Korda) Forum Keluarga Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (FOKAL IMM) Kabupaten Pandeglang membentuk balai konstitusi sebagai gerakan kebangsaan.

Hal itu diutarakan Ketua Korda FOKAL IMM Pandeglang terpilih, Yogi Iskandar usai acara Silaturrahmi Daerah (Silatda) FOKAL IMM Pandeglang di aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang, Sabtu 5/8/2017.

“Alhamdulillah silatda Fokal IMM Pandeglang dapat diselenggarakan, poin-poin yang di bahas diantaranya pembentukan pengurus FOKAL IMM Pandeglang periode 2017-2021, pembahasan kebijakan organisasi, dan pembentukan balai konstitusi,” kata Yogi.

Kata Yogi, FOKAL IMM Pandeglang akan fokus bergerak dalam bentuk edukasi kebangsaan, hadirnya balai konstitusi adalah salah satu upaya memfasilitasi angkatan muda Muhammadiyah maupun pemuda di daerah, khususnya di Pandeglang untuk mendapatkan edukasi tentang kebangsaan.

“Telah kami siapkan tutor dan tempat secara geratis kepada masyarakat untuk mendapat pendidikan kebangsaan, demokrasi, bineka tunggal ika, NKRI. Masyarakat yang bergabung dalam edukasi ini diharapkan memperoleh pengetahuan tentang hak dan kewajiban warga Negara,” ujarnya.

Masih kata Yogi, tutor diambil dari instansi yang memumpuni memberikan pengetahuan tentang konstitusi, Dia menyebutkan diantara tutornya yaitu, anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang, Ahmad Munawar, mantan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pandeglang, Samsuri.

“Masih dalam konfirmasi, Insyallah salah satu anggota KPU RI, Pak Pramono U Tantowi juga siap berkontribusi memberikan pengetahuan tentang kebangsaan di balai konstitusi FOKAL IMM Pandeglang, akan kami minta juga unsur TNI dan POLRI untuk terlibat dalam agenda ini, sedangkan tempatnya direncanakan di Gedung Dakwah Muhammadiyah Pandeglang,” katanya.

Dikatakan juga oleh Sekretaris Korda FOKAL IMM Pandeglang, Aa Saefulloh, Pertengahan September 2017 balai konstitusi akan dilaunching pada saat pengukuhan dan pelantikan Korda FOKAL IMM Pandeglang, tujuannya jelas yaitu memberikan edukasi, sementara agenda tersebut dilatarbelakangi oleh kondisi bangsa yang kian hari penuh dengan kegaduhan politik.

Baca juga :  Peringati HPSN Pokdarwis Ujung Kulon Lakukan Bebersih Lingkungan

“Salah satu momentum yang memaksa kita memiliki kapasitas kebangsaan yaitu, pada momentum pemilu, dimana sesungguhnya Negara membuka ruang kepada semua warga yang memenuhi syarat, untuk berkompetisi mengisi pemerintahan, namun acap kali pemerintahan hasil pemilu diisukan sebagai kelompok yang bukan diidamkan rakyat,” kata Aa.

Pendidikan politik yang diwadahi oleh Balai Konstitusi FOKAL IMM Pandeglang, kata Aa, semoga menjadi sarana untuk mempersiapkan mental yang berintegritas, dan menjadi harapan rakyat Indonesia, khususnya di Pandeglang. (1-1)